Siswa Jurusan APHP SMKN 1 Takokak Kembangkan Program Teaching Factory

Siswa Jurusan APHP SMKN 1 Takokak Kembangkan Program Teaching Factory
0 Komentar

Cianjurekspres.net  – Para siswa jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) di SMKN 1 Takokak mengembangkan program Teaching Factory dengan memproduksi berbagai jenis makanan yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Bahkan, produk yang dibuat oleh para siswa ini sudah dipasarkan ke luar daerah.

Kepala SMKN 1 Takokak, Ir. Sumariyah, melalui Ketua Jurusan APHP, Vera Deliana Rahayu, mengatakan, program wirausaha siswa tersebut sudah berjalan lama di SMKN 1 Takokak.

“Untuk pembuatannya dibuat di labolatorium APHP,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, saat ditemui di toko Teaching Factory SMKN 1 Takokak, Minggu (31/1).

Baca Juga:Peduli Sesama, Paguyuban Pasirkuda Bersatu Cianjur Salurkan Donasi untuk LansiaBank bjb Bakal Terapkan Sistem E-Procurement

Namun, lanjut dia, untuk pemasarannya dengan cara menjajakan berbagai jenis makanan secara langsung di toko dan sudah berjalan beberapa bulan.

“Buka toko sekita Desember 2020 lalu. Jadi untuk teknis penjualannya siswa langsung yang menjual sama masukin brosur ke instansi dan masyarakat,” ungkapnya.

Vera menyebut, berbagai jenis makanan yang diproduksi oleh para siswa ini diantaranya spesial cake, taro crepe cake, tart cake dan jenis lainnya. Sementara desert-nya ada puding, cheese cake, desert box dan lainnya.

“Terus untuk street food, hottang, corndog, risols mayo dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, untuk jenis minumannya juga ada healthy juice, mojito dan fresh milk brown sugar,” ucapnya.

Vera juga mengungkapkan, produk makanan yang diproduksi oleh siswanya ini pemasarannya sudah menjangkau ke Hotel Horison Semarang, yaitu taro chips.

“Harapannya ingin memiliki toko bakery dengan fasilitas yang lengkap,” tutupnya.

Sementara itu, Komite SMKN 1 Takokak, Yandi Madyani mengaku sangat mendukung penuh dengan wirausaha yang dilakukan oleh para siswa.

“Saya selaku komite sekolah sangat mendukung penuh dengan program sekolah, apalagi sekarang siswa belajar langsung cara memproduksi dan memasarkan. Jadi saya harap, para siswa ini setelah keluar sekolah mereka bisa mandiri dan siap berwirausaha,” tambahnya. (Job3/hyt)

0 Komentar