Jelang Pendaftaran, KPU Ingatkan Parpol Soal Persyaratan Paslon

Jelang Pendaftaran, KPU Ingatkan Parpol Soal Persyaratan Paslon
0 Komentar

Cianjurekspres.net Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur melakukan sosialiasi kepada partai politik menjelang tahapan pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Cianjur pada 4-6 September 2020 mendatang.

Sosialisasi ini dilaksanakan dari 21-25 Agustus 2020. Dimana setiap Komisioner KPU Cianjur sesuai jadwal mengunjungi partai politik untuk mengingatkan terkait persiapan apa saja yang harus dilakukan jelang tahapan pendaftaran paslon.

“4-6 September pendaftaran paslon partai politik dan harus tersampaikan persiapan apa saja yang memang harus mereka siapkan untuk mengusulkan pasangan calonnya,” ujar Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Selly Nurdinah usai berkunjung ke DPC Partai Gerindra dan DPD PAN, Senin (24/8/2020).

Baca Juga:Kepergian Abah Hamid, Tinggalkan Duka Mendalam Bagi Kang ABPemprov Klaim Tak Ada Lagi Desa Tertinggal

Selly menjelaskan, partai politik ataupun gabungan partai politik yang akan mengusulkan pasangan calon bupati maupun wakil bupati di Pilkada Cianjur harus memiliki 20 persen kursi di DPRD atau minimal 10 kursi.

Selain jumlah kursi, partai politik sejak jauh-jauh hari sebelum pendaftaran paslon harus menyiapkan rekomendasi, kesepakatan gabungan parpol, susunan tim kampanye serta naskah visi misi.

“Syarat calon yang melekat pada diri paslon seperti umur, usia pendidikan dan lain-lainnya yang memang digariskan undang-undang dan PKPU,” katanya.

Selly berharap, partai politik lebih awal mendaftarkan paslonnya pada 4-6 September 2020 jika seluruh persyaratan sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

“Jangan menunggu sampai akhir masa pendaftaran. Meskipun ada masa perbaikan pencalonan atau syarat calon, semua peserta pemilihan sudah harus mempersiapkan diri saat pendaftaran,” katanya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Bappda) DPC Partai Gerindra Kabupaten Cianjur, Asep Ruhiyat mengaku sosialisasi yang dilakukan KPU sangat membantu partai politik dan calon dalam menghadapi tahapan Pilkada Cianjur 2020.

“Gerindra sangat siap dan kita tinggal menunggu rekomendasi dari DPP. Kalau untuk persyaratan partai kita 100 persen sudah siap, seminggu sebelum pendaftaran kita sudah fix,” tandasnya.

Baca Juga:22 Tahun PAN, Asep Sopyan: Berkhidmat untuk Kemajuan Pembangunan CianjurKang Uu: Desa Wisata Juga Harus Jaga Lingkungan Hidup

Sementara itu Ketua DPD PAN Kabupaten Cianjur, Herlan Firmansyah mengatakan, mengingatkan kami agar sama-sama saling mensinkronkan agar Pilkada Cianjur berjalan demokratis sesuai aturan yang berlaku.

“PAN jauh-jauh hari sudah mengusung Herman Suherman dan Tb Mulyana, kita sudah berbicara soal pemenangan dan ini sudah perintah DPP karena rekomendasi sudah keluar,” pungkasnya.(Herry Febriyanto)

0 Komentar