Persib Pantau Pemain Berbakat Dari Klub Lain

Persib Pantau Pemain Berbakat Dari Klub Lain
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Tak hanya dari Bandung, Persib juga masih memantau beberapa pesepakbola muda berbakat di daerah Jawa Barat lainnya. Indra Mustafa dan Mario Jardel menjadi beberapa contoh pesepakbola muda asal Bogor yang sedang meniti karier di Persib.

General Manager Diklat Persib, Yoyo S. Adireja menyebut, pihaknya masih bersinergi dengan klub yang ada di Kota Bandung meskipun ada  Akademi Persib.

“Jika memang punya kemampuan baik dan sesuai dengan keperluan tim, pasti akan kami libatkan di Diklat Persib untuk Elite Pro Academy,” ujar Yoyo.

Baca Juga:Akademi Persib Lahirkan Pesepakbola AndalPersib Junior Sumbang Trofi Terbanyak

Tak hanya di Jawa Barat saja, Diklat Persib bahkan sudah banyak mengakomodir pemain-pemain luar Jawa Barat.

Beberapa contohnya adalah kapten Persib U-19 saat menjuarai Liga 1 U-19 2018, Syafril Lestaluhu asal Maluku dan kiper Tim Garuda Select, Erlangga Setyo asal Jawa Tengah.

“Kami pasti akan kembangkan terus Akademi Persib dan juga memantau bakat pesepakbola muda hebat seluas mungkin termasuk dari luar Jawa Barat. Tegal dan Yogyakarta, bisa jadi Akademi Persib akan buka di sana karena sudah ada yang berminat,” ujar Yoyo.

Struktur pembinaan pemain muda Persib memang menjadi yang paling rapi dan tergorganisir dibanding tim-tim profesional Indonesia lainnya. Selain diklat dan akademi, Persib juga memiliki dua jenjang lainnya yakni Maung Anom (U-21) dan Bandung United ( reserve team ) yang kini sama-sama bermain di Liga 3.

Peran Maung Anom dan Bandung United dianggap perlu dan penting sebagai penopang tim utama Persib, layaknya Barcelona B dan C pada tim utama Barcelona.

Pasalnya kedua klub itu menjadi inkubator untuk mematangkan jebolan Diklat Persib yang dianggap belum siap terjun ke Liga 1.

Melihat keseriusan Persib dalam membina pemain muda, maka tidak heran banyak didikannya tersebar di banyak tim peserta Liga 1.

Baca Juga:Libur Kompetisi Imam Arief Rintis UsahaJokowi: Tugas Besar Penanganan Covid-19 Belum Berakhir

Tak hanya itu, di level timnas, banyak pesepakbola yang berangkat dari Persib. Baik itu liga internal Persib, Persib junior, Diklat Persib, bahkan Akademi Persib.

Jika melihat tim nasional saat ini di semua kelompok umur, semuanya punya pemain didikan Persib. Dari Andritany Ardhiyasa (yang pernah dipinjam dari Diklat Ragunan oleh Persib), di timnas senior hingga Muhammad Valeron di timnas U-16, Persib masih meneruskan tradisi dalam menyumbangkan pemain ke tim nasional.(net/**)

0 Komentar