5 Kesalahan Dalam Pengelolaan Keuangan

5 Kesalahan Dalam Pengelolaan Keuangan
Ilustrasi Net
0 Komentar

 
Cianjurekspres.net – Selama pandemi Covid-19 sejak Februari 2020, banyak sekali hal yang disadari dalam kehidupan sehari-hari yang sering terlewat. Seperti, untuk menjaga kebersihan, kesehatan dan mempersiapkan keuangan dengan matang untuk situasi darurat.
Dilansir dari Treasury.id, hindari beberapa kesalahan dalam mengelola keuangan di bawah ini agar keuangan Anda menjadi lebih sehat.

  1. Tidak Memiliki Tujuan Keuangan

Tanpa tujuan keuangan, pendapatan bisa habis tanpa sisa, karena tidak adanya kemamuan dalam pengelolaannya. Ada banyak tujuan keuangan yang dapat membantu untuk menjaga kondisi finansial yang lebih baik seperti mempunyai dana darurat, mempersiapkan tabungan keluarga, atau mempersiapkan tabungan untuk hari tua.
Dana yang dipersiapkan ini akan sangat membantu saat mengalami kesulitan finansial dan tidak mempunyai pendapatan yang tetap, seperti dalam masa pandemi Covid-19.

  1. Kartu Kredit Bukan Pundi-Pundi

Apabila saat ini Anda menerima pendapatan yang lebih sedikit dari biasanya atau bahkan sedang tidak ada pemasukan, sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit.
Apabila terpaksa menggunakan kartu kredit untuk membeli kebutuhan yang mendesak. Pastikan terlebih dahulu akan mampu untuk membayar tagihannya dan tidak mengganggu cash flow keuangan.

Baca Juga:Lagu Emotions Berisikan Ajakan Peduli Isu Anxiety DisorderJabar Targetkan Penyaluran Bansos Untuk 1,4 Juta Penduduk

  1. Tidak Mempunyai Cadangan Simpanan

Tak sedikit orang yang memiliki tabungan di bank hanya sebagai tempat untuk menerima setoran gaji dari kantor. Cobalah menyimpan sebagian uang dalam bentuk lain seperti Emas. Nilai Emas yang cenderung naik dalam jangka panjang membuat Emas menjadi instrumen yang terlindung dari inflasi

  1. Tidak Disiplin dalam Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan memang terasa sulit dilakukan karena belum terbiasa. Kunci sukses pengelolaan keuangan adalah disiplin terhadap rencana keuangan yang telah dibuat.

  1. Menunda Rencana Mengelola Keuangan

Semakin cepat perencanaan keuangan dilakukan, maka resiko kesulitan finansial di masa depan dapat diperkecil. Makanya harus tetap cermat dan jeli dalam menjaga kantong agar tetap aman hingga masa mendatang.(**)

0 Komentar