300 Tenaga Medis Lakukan RDT Covid-19

300 Tenaga Medis Lakukan RDT Covid-19
0 Komentar

Cianjurekspres.net, Hari pertama Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19 (Coronavirus Disease) diperuntukkan bagi 300 tenaga kesehatan, di RSHS Bandung.
Sebagai rumah sakit rujukan ring 1, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menilai tenaga media maupun karyawannya paling rentan terinfeksi Covid-19.
“Hari pertama kita khususkan untuk tenaga medis dan karyawan RSHS Bandung karena berada di zona merah, ditambah pasien kategori A,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Barat, Berli Hamdani dalam keterangan tertulis, Rabu (25/3/2020).
Dalam pelaksanaan tes, Berli berujar, pihaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan rumah sakit serta Dinkes kabupaten/kota.
Sementara rapid test dengan konsep drive-thru diperuntukkan kategori B dan C, saat ini tengah dikoordinasikan dengan disetiap wilayah untuk sarana-prasarana, alat, maupun tenaga kesehatan yang akan melaksanakan.
“Dengan adanya rapid test ini, diharapkan dapat menjaring kasus-kasus maupun orang yang berisiko terkena infeksi sehingga bisa diambil langkah dalam penanggulangan COVID-19,” ucap Berli.
Adapun menurut Direktur Medik & Keperawatan RSHS Bandung Dr. Nucki Nursjamsi Hidayat, dr, SpOT(K), M.Kes, FICS., sekira 300 karyawan RSHS yang diperiksa terdiri dari dokter, perawat, driver, hingga satpam.
“Hari ini, kami memeriksakan prioritas pertama, yaitu para dokter, terdiri dari dokter penyakit dalam, dokter anestesi, dokter patologi klinik, dan dokter anak, juga dokter peserta didik PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) masing-masing KSM (Kelompok Staf Medis). Lalu diikuti para perawat, perawat dari Ruang Rawat Inap Khusus, dari Isolasi Instalasi Gawat Darurat, dari Isolasi Instalasi Rawat Jalan,” ucap Nucki.
“Ditambah juga tenaga non-nakes dari driver. Ada tiga driver yang bantu mobilisasi pasien positif Covid-19. Satpam juga mengamankan (pasien), close contact. Kemudian petugas forensik yang memandikan jenazah ter-confirm positif (Covid-19). Juga petugas penunjang lain seperti Tata Usaha di area Ring 1, termasuk cleaning service,” ujarnya.
Berdasarkan pantauan, karyawan RSHS yang diperiksa hari ini tersebut dengan teratur mengantre untuk diperiksa dan mengisi nama lengkap, tanggal lahir, unit kerja, serta nomor telepon.
Apabila jumlah peralatan tes memungkinkan, Nucki menambahkan bahwa RSHS akan turut memeriksakan karyawan di ring 2, yaitu nakes yang menyeleksi ODP maupun PDP yang belum terkonfirmasi.

0 Komentar