DMI akan Batasi Aktivitas di Masjid Selama Ramadhan

DMI akan Batasi Aktivitas di Masjid Selama Ramadhan
0 Komentar

Cianjurekspres.net -Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla mengatakan akan melakukan pembatasan aktivitas di masjid selama Ramadhan. Hal tersebut sangat penting, mengingat wabah corona sudah menjadi pandemi dunia.

“Tentu ada (pembatasan), masing masing masjid akan membatasi gerakan di masjid,” katanya di Kantor Pimpinan Pusat DMI, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020) dilansir fin.co.id.

Dijelaskannya, nantinya masing-masing ketua DMI provinsi akan mengeluarkan surat edaran. Tentunya akan disesuaikan dengan kondisi yang ada di masjid.

Baca Juga:Sekolah Bisa Gunakan Dana BOS Beli Hand SanitizerBagi-bagi E-KTP untuk Siswa Disoal, Disdukcapil: Sehari Bisa Cetak 300 Keping

Pembatasan aktivitas tersebut, yaitu jamaah diimbau tidak melakukan kegiatan terlalu lama di masjid. Begitu pula dengan kegiatan khotbah, dibatasi waktu maksimal 15 menit.

“Kalau Tarawih juga diatur oleh masing-masing masjid, kalau biasa di masjid delapan rakaat selebihnya dikerjakan di rumah saja, jangan terlalu lama,” kata mantan Wakil Presiden Indonesia itu.

Selain pembatasan aktivitas, pengurus masjid diminta untuk membersihkan masjid menggunakan karbol usai digunakan. Sehingga masjid tetap bersih terhindar dari penularan Covid-19.

“Jadi setiap hari dibersihkan, jadi karbolnya harus ada, Kalau karbol kita siapkan 2 juta botol se-Indonesia,” kata JK.

Dikatakannya, karbol yang disiapkan akan dibagikan ke masjid-masjid yang membutuhkan terutama yang tidak mampu membeli karbol.(*)

0 Komentar