oleh

Kecamatan Cibeber Juara Wilayah 1 Turnamen Sepakbola Bupati Cup 2019

CIANJUR – Tim U-18 Kecamatan Cibeber, akhirnya berhasil meraih juara satu turnamen sepakbola Bupati Cup 2019 wilayah 1 Kabupaten Cianjur. Kemenangan atas tim Kecamatan Cianjur ini didapatkan lewat drama adu penalti, yang digelar di Stadion Badak Putih, Rabu (11/9).

Partai final wilayah 1 Bupati Cup 2019 menghadirkan dua tim terbaik, yakni tim U-18 Kecamatan Cianjur dan U-18 Kecamatan Cibeber.

Sejak kickoff babak pertama dimulai kedua kesebelasan menyajikan permainan terbaik. Namun di pertengahan babak pertama, melalui tendangan jarak jauh, pemain Kecamatan Cibeber berhasil mengelabui penjaga gawang Kecamatan Cianjur, yang tak mampu menahan laju bola yang melaju deras ke pojok atas kanan gawang, dan merubah papan skor menjadi 1-0 untuk kemenangan tim Cibeber.

Tertinggal 1-0 tim Kecamatan Cianjur mulai menaikan intensitas serangan, hasilnya menjelang akhir permainan babak pertama, tim Cianjur kota berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui umpan silang.

Memasuki babak kedua, kedua tim silih berganti melakukan serangan, namun hingga pluit akhir babak kedua dibunyikan, skor 1-1 tetap tidak berubah dan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Skor berimbang juga mewarnai drama adu penalti setelah lima penendang pertama dari masing-masing tim hanya berhasil memasukan satu gol. Namun ditambahan penendang kedua, tim Kecamatan Cibeber berhasil menjebol gawang, sementara penendang dari Kecamatan Cianjur gagal melakukan eksekusi dan kemenangan pun berhasil diraih tim Kecamatan Cibeber.

Dengan kemenangan ini, tim Kecamatan Cibeber berhak meraih tropi Bupati Cup 2019 untuk wilayah 1. Selain tropi, juara pertama turnamen ini juga berhak mendapatkan uang pembinaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Cianjur sebagai pihak penyelenggara sebesar Rp. 7,5 juta, sementara untuk juara kedua berhak mendapatkan tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta.

TURNAMEN SEPAKBOLA: Ketua PSSI Askab Cianjur, Yatna Suryatna, menyerahkan tropi juara ke-2 kepada tim Kecamatan Cianjur, dalam turnamen sepakbola Bupati Cup 2019 untuk wilayah 1. (FOTO: DOK)

Ketua KONI Kabupaten Cianjur, Iwan Mustofa mengatakan, KONI sebagai pihak penyelenggara sangat mengapresiasi apa yang menjadi keinginan masyarakat Cianjur khususnya di bidang olahraga sepakbola, yang dimana turnamen ini diikuti oleh seluruh kecamatan, yakni 32 kecamatan dengan dibagi menjadi lima wilayah.

“Ini merupakan keinginan dari masyarakat Cianjur khususnya pecinta sepakbola. Dalam turnamen Bupati Cup 2019 ini dibagi menjadi lima wilayah yang terdiri dari enam kecamatan. Namun ada juga wilayah lainnya yang meliputi tujuh kecamatan,” katanya.

Menurut Iwan, dengan adanya turnamen ini diharapkan sepakbola Cianjur terus maju dan mampu bersaing dengan tim dari daerah lain. Dan mudah-mudahan, kompetisi ini akan menjadi agenda tahunan kami.

“Sepakbola Cianjur harus bangkit, terutama tim sepakbolanya. Kalau bisa sampai bisa sejajar dengan tim besar di tingkat nasional,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua PSSI Askab Cianjur, Yatna Suryatna SE, mengungkapkan, dari setiap wilayah nantinya akan diambil dua pemenang, yang akan maju di babak berikutnya. Pertandingan final tersebut akan digelar sekaligus dengan pelaksanaan Porkab Cianjur.

“Jadi ini seperti babak kualifikasi untuk Porkab, mana yang juara dari masing-masing wilayah bakal bertanding lagi di Porkab untuk memperebutkan juara di tingkat Kabupaten Cianjur,” ungkapnya.

Ditambahkan Yatna, penyelenggaraan kompetisi sepakbola tersebut juga menjadi upaya untuk membangkitkan kembali gairah sepakbola di Kabupaten Cianjur yang sempat mati suri. Sementara untuk lanjutan penyelenggaraan turnamen Bupati Cup 2019 ini, pihak PSSI Cianjur akan langsung menggelar di wilayah lainnya.

“PSSI Cianjur sebagai pelaksana turnamen Bupati Cup 2019, dalam minggu ini akan langsung menggelar pertandingan di wilayah lainnya yaitu di wilayah lima, yang meliputi Kecamatan Naringgul, Cidaun, Sindangbarang, Agrabinta, Leles, Cikadu dan Kecamatan Cijati. Kami berharap semua tim bisa menampilkan permainan terbaik, serta bisa menjaga sportifitas, dan lebih berpikir positif dalam mengikuti turnamen ini, yang dimana ini semua untuk kepentingan bersama, demi kemajuan masyarakat Cianjur,” pungkasnya. (ce)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.