Sejumlah Kades Dukung DOB Kota Cipanas

Sejumlah Kades Dukung DOB Kota Cipanas
BERTEMU: Panitia persiapan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Cipanas saat berada di pendopo Pemkab Cianjur untuk bertemu dengan Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman. Dalam kesempatan tersebut Plt Bupati memberikan apresiasi terhadap tim DOB Kota Cipanas. (FOTO: IST)
0 Komentar

CIANJUR – Isu tentang pemekaran atau Daerah Otonom Daerah (DOB) Kota Cipanas, saat ini kembali menjadi perbincangan dikalangan kepala desa di wilayah Cianjur Utara.
Seperti diutarakan Kepala Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang Beni Irawan. Ia mengatakan, isu pemekaran Kota Cipanas menurutnya sudah sejak dari dahulu mulai muncul. Bahkan sebelum isu pemekaran Cianjur Selatan terlebih dahulu DOB Kota Cipanas sudah mencuat.
“Kalau berbicara pemekaran, sebenarnya DOB Kota Cipanas dulu sebelum Cianjur Selatan,” kata Beni Irawan saat dihubungi Cianjur Ekspres.
Beni mengatakan, sebelumnya kurang lebih tepatnya pada tahun 2008 lalu, dirinya pun pernah mengikuti dalam memperjuangkan DOB Kota Cipanas. Namun setelah itu kembali tenggelam dan kini mulai timbul isu pemekaran Kota Cipanas.
“Dulu, saya pernah juga ikut membahas kaitan dengan DOB Kota Cipanas,” katanya.
Dikatakan Beni, saat ini kembali mencuat isu tentang pemekaran Kota Cipanas. Namun dirinya mengkhwatirkan jangan sampai pergerakan atau isu pemekaran tersebut ditunggangi oleh elit-elit politik.
“Saya khawatirnya ada yang menunggangi oleh para elit politik, karena dengan begitu pemekaran tidak akan maslahat,” ujarnya.
Selain itu lanjut Beni, seharusnya tim DOB Kota Cipanas lebih mengedapankan sosialisasi terhadap masyarakat khusussnya di wilayah Cianjur Utara meliputi Kecamatan Cugenang, Cikalongkulon, Sukaresmi, Pacet, dan Kecamatan Cipanas.
“Proses DOB itu membutuhkan waktu yang cukup lama, dan sebaiknya tim-tim DOB itu lebih ke sosialisasi terhadap masyarakat. Apa itu DOB, dan bagaimana kalau nanti jadi mekar,” terangnya.
Beni mengatakan, hingga saat ini kebanyakan masyarakat itu belum mengetahui apa itu DOB dan yang terpenting. Apakah DOB ini keinginan masyarakat atau bukan?.
“Saya rasa penting rasanya tim DOB itu bersosialisasi, bagaimana langkah kedepan ketika Cirut ini mekar,” katanya.
Beni berpendapat jika masyarakat itu bukan pemekaran yang diharapkannya. Akan tetapi lebih ke pembangunan yang merata disetiap wilayah khususnya di Cianjur Utara.
“Saya sebagai Kepala Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang mendukung saja dengan adanya pemekaran Kota Cipanas,” tandasnya.
Kepala Desa Warudoyong, Kecamatan Cikalongkulon Nanang Lukman mengatakan, dengan adanya rencana pemekaran Kota Cipanas dirinya sangat mendukung. Namun hal tersebut perlu adanya sosialisasi kehalayak masyarakat karena belum tentu tahu semua.

0 Komentar