Inovasi Tekhnologi Irigasi Pada Sawah Guna Meningkatkan Produksi Padi yang Baik

Inovasi Tekhnologi Irigasi Pada Sawah Guna Meningkatkan Produksi Padi yang Baik
1 Komentar

Faktor terpenting dari benih padi adalah kadar air, banyak benih padi (gabah) yang mengalami kebusukan karena kadar air yang tidak sesuai. Oleh karena itu, diperlukan sebuah alat untuk mendeteksi atau mengukur kadar air dengan di monitoring oleh petani padi.
Dalam memonitoring irigasi sawah pada padi ini menggunakan sistem pergiliran basah dan kering. Ini suatu sistem pengairan sawah yang menghemat air dan dapat diterapkan oleh petani untuk mengurangi kebutuhan air irigasi di lahan sawah tanpa mengurangi hasil panen. Dengan keberadaan alat pengukur dan memonitoring kadar air membantu petani dalam mempersiapkan proses pembuatan benih padi.
Dengan menggunakan IoT, petani bisa mengetahui secara real-time posisi peralatan mereka. Dengan adanya data tersebut mereka melakukan analisa dan menentukan dengan tepat di mana daerah operasi produksi dengan efisien dan akan berdampak baik pada hasil pertanian mereka.
Pada sistem pengatur irigasi sawah ini, jadwal pengisian air ke lahan sawah berdasarkan kadar air di lahan sawah. Sedangkan kadar air di lahan sawah diatur berdasarkan usia tanaman padi. Sistem pertanian yang tergolong baru ini mampu mengangkat tren seperti pertanian organik, pertanian dalam ruang kecil atau dengan budaya tertentu. Dari sudut pandang permasalahan lingkungan, memonitoring irigasi sawah pada padi berbasis IoT dapat memberikan manfaat besar termasuk dalam penggunaan air yang lebih efisien, atau optimalisasi input dan perawatan tanaman.
Pertanian tingkat adanya data tersebut mereka melakukan analisa dan menentukan dengan tepat di mana daerah operasi produksi dengan efisien dan akan berdampak baik pada hasil pertanian mereka.
Pada sistem pengatur irigasi sawah ini, jadwal pengisian air ke lahan sawah berdasarkan kadar air di lahan sawah. Sedangkan kadar air di lahan sawah diatur berdasarkan usia tanaman padi. Sistem pertanian yang tergolong baru ini mampu mengangkat tren seperti pertanian organik, pertanian dalam ruang kecil atau dengan budaya tertentu.
Dari sudut pandang permasalahan lingkungan, memonitoring irigasi sawah pada padi berbasis IoT dapat memberikan manfaat besar termasuk dalam penggunaan air yang lebih efisien, atau optimalisasi input dan perawatan tanaman. Pertanian tingkat pengukuran kualitas meningkatkan manajemen pertanian dengan komponen elektronik teknologi seperti sensor, sistem kendali, robot, alat-alat elektronik, serta perangkat keras otomatis.

1 Komentar