Pemkab Mulai Siapkan Anggaran Pilbup dan Pilkades

Pemkab Mulai Siapkan Anggaran Pilbup dan Pilkades
Ilustrasi
0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur (Pilbup) dan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 2020.
Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, di tahun depan Cianjur akan menghadapi dua momentum besar, pemkab pun mulai melakukan pembahasan dan menyiapkan anggaran untuk agenda besar tersebut.
“Kita akan menghadapi Pilkades pada Februari dan September akan ada Pilbup,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (2/7).
Menurutnya, untuk Pilkades pemkab akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 20 juta per desa, ditambah dengan Rp 5.000 dikalikan dengan jumlah hak pilih di setiap desa. “Dengan begitu anggaran bagi desa yang jumlah pemilihnya sedikit dan yang banyak tidak terlalu jomplang,” kata dia.
Sementara itu, untuk Pilkada pihaknya juga akan menyiapkan anggaran baik untuk KPU, Bawaslu, dan pihak terkait. Namun saat
ini nilai anggarannya masuk dibahas.
Dia pun memastikan jika Pemkab Cianjur siap untuk menghadapi Pilkada dan Pilkades pada 2020. “Kita harus siap, dan dipastikan siap untuk dua momentum besar tersebut,” kata dia.
Ketua KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan, pihaknya mengusulkan anggaran sebesar Rp 85 miliar untuk pelaksanaan Pilbup 2020. Tetapi nilai tersebut belum bisa dipastikan akan sesuai dengan anggaran yang didapat nantinya.
“Itu kan usulan, bisa saja lebih kecil setelah pembahasan nantinya. Dana tersebut sudah sesuai dengan perhitungan dan kebutuhan untuk pelaksanaan Pilbup,” kata dia.
Dia menambahkan, persiapan untuk Pilbup tersebut masih sebatas pengusulan anggaran, belum melanggkah ker persiapan lainnya.
Sama halnya dengan KPU, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cianjur juga belum melakukan persiapan serius untuk menghadapi pelaksanaan Pilkades serentak. Pasalnya tahapan baru akan dimulai pada Oktober 2019, mulai dari pembentukan panitia hingga tahapan lainnya.
“Belum, belum ada persiapan penting. Hanya pendataan awal saja, dan persiapan kecil. Karena kan belum masuk tahapan, nati Oktober tahapan dimulai,” ujar Kepala DPMD Kabupaten Cianjur, Ahmad Danial.
Menurutnya, Pilkades serentak 2020 akan diikuti oleh 248 desa. Rata-rata para kepala desa di desa tersebut sudah memasuki habis masa jabatan sebelum pelaksanaan.

0 Komentar