BBC Prioritas Infrastruktur, Dorong Peningkatan Ekonomi Desa

0 Komentar

CIANJUR – Desa Babakan Caringin (BBC) Kecamatan Sukaluyu telah membuat perencanaan dan persiapan untuk pembangunan infrastruktur dari dana desa (DD) tahap ke-2 dan ke-3. Hal itu merupakan lanjutan dari perencanaan dalam pelaksanaan tahap pertama yang diperuntukkan pengecoran Jalan Sindang Palay sepanjang 170 meter dengan lebar 3 meter.
Kepala Desa Babakan Caringin, Kecamatan Sukaluyu, Deni Setia Budi mengatakan, Desa Babakan Caringin juga telah membuat perencanaan pembangunan insfrastruktur jalan pnghubung antar kampung, yang selama ini banyak dikeluhkan oleh warga. Karena akses jalan tersebut kondisinya rusak dan terkendala dengan medan jalan yanh cukup curam, sehingga warga harus memutar jalan dengan jarak yang lumayan jauh.
“Jalan tersebut saat ini kondisinya memang sangat rusak, sehingga warga harus memutar ke jalan lain dengan jarak yang lumayan jauh. Panjangnya lebih kurang 150 meter dengan lebar 1,2 meter. KIta rencanakan masuk dalam pengerjaan DD tahap ke-3 dengan alokasi anggaran Rp 190 juta,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (7/5).
Selain itu, Desa Babakan Caringin juga telah merencanakan pembangunan untuk pengecoran Jalan H Amin Efendi, di Kampung Cihideng sepanjang 500 meter dan lebar 3 meter dengan anggaran diperkirakan mencapai Rp 250 juta, dari DD tahap ke-2. Pembangunan jalan tersebut akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.
“Kami harap nantinya untuk akses bisa lancar, untuk di pakai dalam berbagai bidang seperti kesehatan bisa lancar. Akses usaha masyarakat bisa semakin lancar dan sejahtera, dan warga nantinya tidak harus muter dengan jarak yang jauh, karena jalannya sudah di perbaiki,” harapnya.
Selain itu dengan semakin mantapnya jalan desa, diharapkan pula bisa mendorong perekonomian masyarakat desa. “Kalau semua infrastruktur sudah mantap semua, harapan kita tentu perekonomian desa akan bisa lebih meningkat lagi,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar