Gerakan 1.000 Koin, UpayaTekan Angka Kemiskinan di Desa

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintahan Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran Cianjur Selatan, terapkan gerakan 1.000 koin. Hal tersebut dilakukan salah satu cara untuk mengentaskan kemiskinan khususnya bagi warga miskin yang belum sama sekali tersentuh oleh bantuan pemerintah daerah.
Kepala Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Jenal mengatakan, gerakan 1.000 koin adalah salah satu cara pengentasan kemiskinan yang diakomodir oleh Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Desa (TP2KDes).
“Dengan anggaran dari semua lapisan masyarakat desa, maka dari warga oleh warga untuk warga,” terang Jenal, kepada Cianjur Ekspres, Rabu (24/4).
Jenal mengatakan, program gerakan 1.000 koin tersebut sudah berjalan selama 12 bulan. Dan berlaku bagi warga yang benar – benar tidak mendapatkan program bantuan secara langsung dari pemerintah. “Pendistribusian bantuan kita lakukan satu bulan sekali, itupun khusus bagi warga yang tidak terkena program pemerintah langsung,” katanya.
Adapun bantuan yang disalurakan ke warga lanjut Jenal, yakni seekor kambing dan sedikit modal usaha atau bisa juga bantu rehab rumah dengan cara alakadarnya. “Selain kambing, ada juga buat modal usaha atau rehab rumah alakadarnya. Dan atau kebutuhan lain yang sifatnya mendesak untuk keperluan,” katanya.
Dalam tahun ini sudah 12 orang yang sudah tertangani dari program 1.000 koin tersebut. Diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup yang lebih layak lagi. “Yang pasti dalam satu bulan, satu orang menerima satu ekor kambing,” ujarnya.
Berdasarkan data pemerintahan Desa Gelaranyar, warga yang termasuk kategori miskin ada sekitar145 orang. Terlepas kalau menurut hitungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur.
“Paling tidak, dari total 145 orang yang termasuk kategori miskin ini, bisa berdaya dengan adanya bantuan kambing dari program 1.000 koin ini,” katanya.
Jenal berharap, meskipun tidak sepenuhnya terjawab dengan melalui program 1.000 koin tersebut, tetapi minimal pihaknya (Pemdes) Gelaranyar ada usaha bagi warga agar menjadi produktif.
“Minimal ada usaha untuk warga menjadi produktif, selain saya harapkan program 1.000 koin yang dari warga oleh warga untuk warga ini benar – benar bermanfaat,” pungkasnya.(yis/sri)

0 Komentar