Posisi Parkir di Jalan Raya Diubah (Lagi)

0 Komentar

CIANJUR – Posisi parkir di Jalan Hos Cokroaminoto dan Jalan Mangunsarkoro bakal diubah. Rencananya, posisi parkir yang semula di kiri jalan akan dipindah ke ruas kanan jalan.
Kepala Seksi Teknik Sarana Dinas Perhubungan Kabupaten Cianjur, Nunang Deni, mengatakan, perubahan posisi parkir tersebut akan mulai diterapkan pada 4 Februari 2018. Oleh karena itu sosialisasi sudah dilakukan sejak awal Januari ini.
“Kami sosialisasikan dulu sebelum penerapan, masih ada waktu beberapa pekan,” ujar dia kepada Cianjur Ekspres, Rabu (16/1).
Menurutnya, pemindahan ruas yang digunakan untuk parkir tersebut berdasarkan permintaan warga untuk menata kembali parkir. Hal itupun ditindaklanjuti dengan rapat bersama forum lalulintas.
“Dari forum itu diputuskan jika parkir dipindah ke kanan. Namun ini bukan yang pertama kali, sebelumnya juga parkir pernah di sebelah kanan,” kata dia.
Dia mengatakan, banyak pertimbangan sebelum mengubah posisi parkir, di antaranya untuk memperlancar arus lalulintas, membuat pemilik kendaraan bisa lebih nyaman lantaran kendaraannya lebih teduh berada di bawah pohon, serta lebar jalan bisa dimaksimalkan.
“Kalau sebeluimnya kan kendaraan yang cukup tinggi sedikit ke tengah, sebab takut kena batang pohon. Tapi kalau diubah jadinya lebar jalan bisa dimanfaatkan secara maksimal,” kata dia.
Di samping itu, tambah Nunang, parkir di sebelah kanan bisa meminimalisir adanya beca dan delman yang melawan arus. SEbab sedikit banyaknya, hal tersebut memperngaruhi arus lalulintas.
“Kalau parkir di kanan kan mereka akan lebih menaati aturan dan risiko kecelakaan juga bisa diminimalisir,” pungkasnya.(bay/red)

0 Komentar