Disdikpora Cianjur Berharap Larangan Bawa HP Diterapkan di Seluruh Sekolah

Disdikpora Cianjur
Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur.(Rikzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Dinas Pendidakn, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin, berharap larangan membawa handphone (HP) ke sekolah bisa diterapkan secara menyeluruh.

Harapan tersebut diungkapkan Helmi saat ditemui di kantornya, Jalan Perintis Kemerdekaan, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Senin 21 Oktober 2024.

“Hanya beberapa sekolah yang terkonfirmasi sudah menerapkan larangan membawa hp ke sekolah, salah satunya SMP Negeri 1 Cianjur. Kita berharap ini bisa diterapkan seluruhnya,” ungkapnya.

Baca Juga:Debat Paslon Pilkada Cianjur 2024 Jangan Sebatas FormalitasKetua Umum IKA UPI Anggap Kementerian Pendidikan Lebih Menjanjikan

Helmi mengatakan surat edaran Disdikpora terkait imbauan tersebut sudah disampaikan ke semua sekolah sejak dua bulan lalu. Itu dilakukan untuk mengurangi durasi mengakses media sosial (medsos) bagi para siswa, khususnya saat berada di lingkungan sekolah.

“Namun, itu dikembalikan pada kebijakan masing-masing sekolah. Karena harus ada kesepakatan soal tata tertib antara sekolah dengan wali murid,” katanya.

Pasalnya, dewasa ini, medsos dinilai lebih banyak memberi pengaruh negatif pada siswa dari pada manfaat. Disamping kurangnya pengawasan orang tua dan guru.

“Mereka pun (murid) kebanyakan belum bijak untuk menyaring tayangan kontenkonten di medsos,” ujarnya.

Meskipun dalam Kurikulum Merdeka saat ini ada beberapa mata pelajaran yang mengharuskan siswa mengakses internet.

“Jalan keluarnya, sekolah bisa menyimpan hp siswa di loker saat kegiatan belajar mengajar (KBM). Jika sekolah belum memiliki fasilitas loker, bisa menyiapkan kotak penyimpanan di tiap kelas,” ungkap Helmi.(Rikzan RA)

0 Komentar