Antisipasi Musim Hujan, PLN UP3 Cianjur Intensifkan Pemeliharaan Preventif

PLN UP3 Cianjur
PLN UP3 Cianjur semakin gencar melakukan pemeliharaan jaringan listrik secara preventif. 
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM -Dalam rangka mengantisipasi potensi gangguan listrik akibat cuaca ekstrem di musim hujan, PLN UP3 Cianjur semakin gencar melakukan pemeliharaan jaringan listrik secara preventif.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), wilayah Jawa Barat akan memasuki awal musim hujan pada Oktober hingga November 2024, dengan puncak curah hujan diperkirakan terjadi pada November hingga Desember 2024.

Menghadapi peralihan musim ini, PLN UP3 Cianjur menerjunkan 28 tim yang terdiri dari pengawas dan tim pelayanan teknik ULP Tanggeung untuk melakukan pemeliharaan intensif pada jaringan listrik yang berlokasi di Kecamatan Cidaun, Cianjur pada Selasa 24 September 2024.

Baca Juga:PLN UP3 Cianjur Gelar Pasukan dan Peralatan Memastikan Kesiapan Mitra Kerja Pasangan ASIH Bertekad Tingkatkan Layanan Kesehatan Seluruh Pedesaan di Jabar

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan keandalan suplai listrik serta mencegah potensi gangguan yang bisa saja terjadi pada saat musim hujan, seperti pohon tumbang, angin kencang, dan banjir.

“Salah satu upaya yang dilakukan oleh tim PLN adalah penggantian kawat Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) dengan kawat berisolasi. Dengan kawat yang terbungkus ini dapat mengurangi potensi gangguan listrik apabila terjadi cuaca ekstrem,” kata Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN UP3 Cianjur.

Dengan adanya pemeliharaan ini, pihaknya berharap dapat menjaga kontinuitas suplai listrik bagi masyarakat, sekaligus mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem selama musim hujan.

Andre juga mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. Contohnya, mematikan instalasi listrik di rumah, mencabut semua peralatan elektronik dari stop kontak dan jika aliran listrik yang terkena air tidak kunjung padam, masyarakat dapat melaporkan melalui aplikasi PLN Mobile yang bisa diunduh melalui App Store maupun Google Play Store.

Di tempat terpisah, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia menyampaikan pengecekan dan perbaikan secara periodik penting bagi perusahaan untuk menjaga keandalan listrik terutama menjelang musim hujan dan cuaca ekstrem.

“PLN berkomitmen memenuhi kebutuhan listrik bagi seluruh masyarakat di Jawa Barat dengan memberikan pasokan listrik yang andal melalui pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur kelistrikan serta inovasi produk layanan,” pungkasnya.(*)

0 Komentar