Delapan Pelajar SMP Yachimata Jepang Berkunjung ke SMPN 1 Cianjur

Pelajar SMP Yachimata
Sebanyak delapan pelajar SMP Yachimata Jepang melakukan kunjungan ke SMPN 1 Cianjur dalam program pertukaran pelajar, Kamis 1 Agustus 2024.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Sebanyak delapan pelajar SMP Yachimata Jepang melakukan kunjungan ke SMPN 1 Cianjur dalam program pertukaran pelajar, Kamis 1 Agustus 2024.

Para siswa Jepang disambut antusias oleh para siswa SMPN 1 Cianjur, serta diperkenalkan budaya dan bahasa Cianjur seperti Ngaos, Mamaos, dan Maenpo.

Kepala Bidang (Kabid) SMP Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Cianjur, Helmi Halimudin, mengatakan, sebelumnya Pemkab Cianjur melalui Disdikpora Kabupaten Cianjur telah memiliki kerjasama dengan pemerintah Kota Yachimata Jepang, yaitu dengan SMP Yachimata Jepang.

Baca Juga:Wapres Ma'ruf Amin Lantik 1.079 Pamong Praja Muda IPDNMenyingkap Akar Politik Paternalistik di Indonesia: Sebuah Tantangan Bagi Demokrasi

“Hari ini kedatangan rombongan siswa SMP Yachimata Jepang dengan pemerintahannya, kemarin kan sebelumnya kami sudah memberangkatkan dua kali, nah sekarang kebalikannya dari Yachimata ke Cianjur,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.

Helmi mengungkapkan, tujuannya ingin memperlihatkan budaya dan bahasa di Kabupaten Cianjur.

“Makannya konsep kita, ketika rombongan dari Yashimata datang ke sini, kita akan memperlihatkan setelah di terima di Pendopo itu kita kunjungan ke SMPN 1 Cianjur, besok ke SMPN 2 Cianjur, terus ke BPK Penabur, dan terakhir nanti di SMPN 1 Cipanas,” ungkap Helmi.

Artinya, lanjut dia, pihaknya ingin memperlihatkan kondisi kurikulum yang berlaku sama, cuma ada muatan lokal yang berbeda-beda di sekolah. Makanya ketika kunjungan siswa SMP dari Jepang ke Cianjur, ada yang ingin diperlihatkan yaitu tiga pilar budaya Cianjur, ngaos, mamaos, maenpo. 

“Jadi tiga pilar budaya yang kita kedepankan di SMPN 1 Cianjur. Mereka di Cianjur dari tanggal 1 Agustus sampai tanggal 5. Aktivitas lima hari, nanti tanggal 5 Agustus mereka pulang ke Jepang,” katanya.

Dia mengungkapkan, seperti ketika diterima di Pendopo, para siswa Jepang sangat senang, karena penerimaannya sangat antusias, mulai dari kedatangan di Pendopo dengan memunculkan budaya di Cianjur. 

“Ada apresiasi dari para siswa Yachimata Jepang bahwa di sini cukup bagus, sangat antusias. Siswa yang datang ada sebanyak 8 orang, kepala sekolah satu orang, dan 5 orang dari dinasnya. Jadi sekitar 14 orang yang datang. Mereka menginap di hotel Gino Feruci selama di Cianjur,” ungkap Helmi.

Baca Juga:Kembangkan Inovasi TJSL Berkelanjutan, PLN Icon Plus Boyong 2 Penghargaan TJSL & CSR Award 2024PLN UP3 Cianjur Dalam Rangka Hari Anak Nasional 2024 Sukses Tambah Daya SMK Bunga Persada

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Cianjur, Esih Hasanah, mengungkapkan, di tahun sebelumnya, tiga orang siswa dari SMPN 1 Cianjur berkesempatan berkunjung ke Jepang. 

0 Komentar