Siswa Asal Cianjur dan Bandung Raih Medali Olimpiade Sains di Amerika Serikat

siswa
Dua siswa SMP Pribadi Bandung School, Moch Zahran Alfathin Mulkan Djunaedi dan Viandra Satriya Hutomo, asal Cianjur dan Bandung berhasil meraih medali perunggu lomba science dalam Genius Olympiad di Rochester Institute of Technology New York, Amerika Serikat.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Dua siswa SMP Pribadi Bandung School, Moch Zahran Alfathin Mulkan Djunaedi dan Viandra Satriya Hutomo, asal Cianjur dan Bandung berhasil meraih medali perunggu lomba science dalam Genius Olympiad di Rochester Institute of Technology New York, Amerika Serikat.

Keduanya berhasil meraih prestasi di ajang tersebut, berkat penelitian membuat ekstrak Pommetia Pinnata (buah Matoa) dan Nolumbo Nucifera (biji Lotus) sebagai antiseptik hand lotion.

Moch Zahran Alfathin Mulkan Djunaedi, siswa asal Cianjur mengatakan, awal dirinya bersama temannya Viandra yang berasal dari Bandung ikut serta dalam ajang itu karena mendapatkan rekomendasi dari sekolah tempatnya belajar, yakni SMP Pribadi Bandung School. 

Baca Juga:Bey Machmudin Ungkap Kendala Pembersihan Sampah di Jembatan Sapan Kembangkan Ovine Enoxaparin Sodium: Bio Farma gelar Exclusive Meeting bersama PERKI

“Semula kami mengikuti fase penyisihan yang digelar secara online dengan cara mengirimkan makalah tentang project yang kita buat. Lalu makalah-makalah yang sudah di kumpulkan akan di seleksi oleh panitia (Rochester Institute of Technology,red),” katanya, Rabu 19 Juni 2024. 

Zahran mengatakan, dirinya mengikuti bidang sains dengan membuat antiseptic hand lotion yang berbahan dasar dari ekstrak buah Matoa dan biji Lotus. 

“Kita memilih buah Matoa karena memiliki senyawa kimia yang bernama saponin dan tanin yang bisa menghancurkan sel dinding kuman (E.Coli) dan juga kita memilih Matoa karena kita ingin menaikkan/mempopulerkan pemanfaatan buah Matoa di dunia,” jelasnya. 

“Lalu kita memilih biji Lotus karena memiliki senyawa kimia yang sama dengan buah Matoa, yaitu saponin dan juga tanin. Sehingga buah Matoa dan biji Lotus akan berguna untuk menjadi bahan anti bakterial,” sambung Zahran. 

Menurutnya, hasil penelitian dan karyanya tersebut memiliki manfaat untuk hand sanitizer karena dibuat dari bahan yang alami, sehingga cocok di semua tipe kulit.

“Dan hasil olahan kita tidak membuat tangan kering saat dipakai, biasanya jika kita memakai hand sanitizer tangan kita akan menjadi kering karena kandungan alkoholnya. Tetapi karena projek kita dibuat dari bahan alami, sehingga jika kita pakai tidak akan membuat kulit kita menjadi kering,” kata Zahran. 

0 Komentar