Panik, Domba Kurban di Campaka Cianjur Kabur ke Atap Rumah Warga

domba kabur
ATAP RUMAH: Tampak domba salah satu milik warga yang akan disembelih kabur dan melompat ke rumah warga.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Idul Adha 1445 Hijriah selalu menyuguhkan cerita unik. Kali ini, bukan soal sapi yang mengamuk atau kabur saat akan disembelih, melainkan domba yang kabur sampai melompat ke atap rumah warga.

Hal itu terjadi di Kampung Bongas, Desa Mekarjaya, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur pada Senin 17 Juni 2024. Video kaburnya domba ke atas genting rumah warga pun viral di media sosial.

Pemilik kambing, Irpan Bayu Saputra, mengungkapkan, jika kambingnya itu akan dikurbankan. Namun dirinya tak mengikat domba karena dirinya meyakini dombanya akan mengikuti domba lain yang digiring ke tempat penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga:Bey Machmudin Salat Idul Adha di Kampung Babakan AmperaSalat Iduladha 2024 Akan Digelar di Gasibu Bandung

“Karena biasanya domba itu akan mengikuti domba lain yang digiring. Makanya saya sengaja tidak ikat, saya biarkan ikuti domba lainnya,” ungkapnya saat dikonfirmasi.

Belum sampai tempat pemotongan, warga heboh karena domba milik Irpan yang tak diikat kabur.

“Waktu saya cek, ternyata domba yang tidak diikat kabur. Kaburnya ke atap rumah warga,” kata dia.

Menurutnya, domba tersebut kabur setelah panik melihat kerumunan anak-anak yang asyik menonton proses penyembelihan hewan kurban. Dombanya pun lompat ke atap rumah warga yang memang sejajar dengan jalan setapak yang dia lalui menuju tempat pemotongan.

“Karena atapnya sejajar dengan jalan setapak, dombanya lompat ke situ. Tapi akhirnya tertahan di atas karena tak tahu cara turun,” ungkapnya.

Kata Irpan, domba seberat 40 kilogram itu akhirnya bisa dievakuasi setelah salah satu rekannya memanjat genting dan mengikat kaki domba.

“Teman naik ke genting, menangkap dan mengikat kaki domba, setelahnya baru bisa diturunkan dari genting. Prosesnya kurang lebih 15 menitan,” jelasnya.

Baca Juga:Bey Machmudin Lantik Ade Zakir Hasim sebagai Penjabat Bupati Bandung BaratBPIP Sesalkan Langkah Kristianie Jadi Paskibraka Tingkat Nasional Terhenti karena Kondisi Kesehatan 

Drama domba kabur ke genting pun berakhir dan proses penyembelihan bisa dilaksanakan sebelum pukul 12 siang. “Sebelum Ashar sudah disembelih dan dagingnya sudah dibagikan ke warga,” tandasnya.

0 Komentar