Ampuh Sayangkan Sikap Bupati yang Minta Sekda Legowo Saat Dituntut Mundur

Ampuh sayangkan sikap bupati
SAYANGKAN: Presidium Ampuh Yana Nurzaman sayangkan sikap bupati yang minta Sekda legowo atas tuntutan mundur dari para OPD (Foto: dok)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Aliansi Masyarakat Untuk Penegakkan Hukum (Ampuh) Cianjur menyayangkan statmen Bupati Cianjur, Herman Suherman yang meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah untuk legowo mengundurkan diri dari jabatannya.

Ketua Presidium Ampuh Cianjur, Yana Nurzaman mengungkapkan, pihaknya sangat menyayangkan suasana ketidakharmonisan antara Bupati Cianjur, Herman Suherman dan Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah.

“Sekali lagi Ampuh sangat menyayangkan suasana ketidakharmonisan ini harus menjadi konsumsi publik,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Selasa (30/4/2024).

Baca Juga:526 Warga Terjangkit DBD, Enam Orang Meninggal DuniaKasus Kekerasan Perempuan dan Anak Tinggi, Januari – Maret 2024 Sudah 34 Kasus Terjadi di Cianjur

Padahal, lanjut Yana, terkait kinerja Sekda, itu sesuatu yang bisa dievaluasi, dan hasil evaluasi itu sendiri bisa dijadikan dasar oleh bupati, layak tidaknya sekda diganti. 

“Ini sekarang malah terkesan saling menyudutkan dan saling menyalahkan,” ungkapnya.

Yana menuturkan, secara kewenangan bupati bisa mengajukan pergantian Sekda sebagai sebuah proses yang diperbolehkan secara normatif. Jangan menunggu permasalahan yang muncul menjadi bola liar dulu dan harus melibatkan banyak elit birokrasi. 

“Singkatnya evalusi kinerja sekda, kalau perlu diganti ya ganti, kalau masih bagus ya dipertahankan. Maaf jikalau kemudian kami melihat ada faktor lain terkait dengan hiruk pikuk permasalahan sekda ini, dulu-dulu gak pernah seheboh ini,” kata Yana.

Yana menuturkan, jika suasananya dibiarkan terus seperti ini kapan mau fokus ngurus kepentingan rakyat.

“Kapan mau fokus ngurusi penanganan pasca bencana, kapan mau fokus ngurusi permasalahan sampah?,” katanya.

“Dalam konteks teori piramida kebijakan, ingat bupati itu sebagai penanggung jawab dan pengendali semua kebijakan. Tentunya juga segala kebijakan yang bersifat teknis, hentikan saling menyalahkan dan membuka aib,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Cianjur, Herman Suherman meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah untuk legowo mengundurkan diri dari jabatannya. Bahkan, Herman menilai kinerja Sekda tidak baik.

Baca Juga:Mahasiswa Internasional UI Senang Merayakan Idul Fitri di IndonesiaKAI Commuter Imbau Orang Tua Jaga Anak Saat Perjalanan

Hal itu buntut dari sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Cianjur mendatangi kertas putih menuntut Sekda Kabupaten Cianjur, Cecep Alamsyah untuk mundur dari jabatannya.

“Jadi gini, sebetulnya sudah jauh-jauh hari dari para kepala OPD membuat surat ke saya, dari Camat juga membuat surat ke saya, dari kepala desa membuat surat ke saya dengan melihat ketidak harmonisan dalam bekerja,” ujar Herman kepada Cianjur Ekspres, saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Selasa (30/4/2024).

0 Komentar