1.430 Calon Jemaah Haji Cianjur Ikuti Bimbingan Manasik

Manasik haji
Sebanyak 1.440 calon jemaah haji dari Kabupaten Cianjur mengikuti bimbingan masal yang di gelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, di Gedung Herlina, Senin 22 April 2024.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – Sebanyak 1.430 calon jemaah haji dari Kabupaten Cianjur mengikuti bimbingan masal yang di gelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, di Gedung Herlina, Senin 22 April 2024. Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Cianjur, Herman Suherman.

Kepala Seksi Haji Kemenag Kabupaten Cianjur, Rian Fauzi, mengatakan, jumlah jemaah ada sebanyak 1.430 jemaah dan dipastikan jemaah hadir 99 persen melihat antusiasme jemaah tahun ini luas biasa sekali.

“Alhamdulillah kami diberikan kuota tambahan sebesar 52 orang, jadi kuota tahun ini meningkat dari kuota tahun sebelumnya karena ada kuota tambahan nasional,” kata dia kepada wartawan. 

Baca Juga:Lepas Bandung bjb Tandamata Berkompetisi di Proliga 2024, Bey Machmudin: Jaga Kekompakan dan SportivitasLantik Tiga Penjabat Kepala Daerah, Bey Machmudin Ingatkan Komitmen Melayani Masyarakat

Dia berharap materi-materi yang telah disampaikan oleh para narasumber yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah dalam negeri, kebijakan Arab Saudi, dan kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk kemaslahatan jaah haji Kabupaten Cianjur.

“Tema tahun ini masih tetap sama dengan kemarin, Haji Ramah Lansia dan Berkeadilan. Dikarenakan masih banyak jemaah haji lansia yang belum berangkat. Dan Alhamdulillah kami mendapat kuota tambahan lansia dari tahun kemarin sebanyak 75,” ujarnya.

Dia menyebut, untuk kendala administratif tidak ada, karena rentang waktu yang diberikan cukup lama yang dibuka dari Desember. Oleh sebab itu banyak waktu untuk menyiapkan dokumen-dokumen jemaah haji tidak seperti tahun sebelumnya waktunya mepet. 

“Tahun ini kita waktunya tidak mepet dan Alhamdulillah seluruh dokumen persyaratan calon jemaah haji sudah selesai semua tinggal menunggu keberangkatan. Kabupaten Cianjur Alhamdulillah dibagi menjadi empat kloter kelompok terbang,” kata Rian. 

Rian mengungkapkan, untuk gelombang pertama ada dua kloter di kloter 7 dan 22. Kloter 7 akan diberangkatkan pada 12 Mei 2024 dilepas di Asrama Haji Cianjur, dan kloter 22 akan dilepas pada 21 Mei 2024. 

“Kloter pertama sebanyak 440 jemaah, kloter 22 juga sama 440 jemaah. Dan digelombang dua kita mendapatkan dua kloter, kloter 7 akan berangkat pada 1 Juni. Kloter terakhir 58 pada tanggal 6 Juni kita dapat kuota sisa tambahan atau gabungan antara Bekasi dan Kabupaten Cianjur,” pungkasnya.

0 Komentar