Hari Ini, Jalur Puncak Diberlakukan Satu Arah

Rekayasa satu arah dari Bogor ke Cianjur
Rekayasa satu arah dari Bogor ke Cianjur. (Foto: Rikzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Polres Cianjur memprediksi puncak arus balik Lebaran 2024 terjadi pada Sabtu dan Minggu, 14 April 2024 ini. Mengikuti Polres Bogor, pihaknya pun memberlakukan rekayasa satu arah (oneway) dari Bogor ke Cianjur sejak 06.00 WIB.

Hal itu pun sempat membuat ekor antrian kendaraan dari Puncak Pass hingga RSUD Cimacan atau sekitar enam kilometer.

Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana mengungkapkan, rekayasa oneway yang diberlakukan pada Minggu kemarin tidak begitu lama dibandingkan hari sebelumnya.

Baca Juga:Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Turun, Sekda Jabar Imbau Masyarakat Waspada Saat Arus Balik LebaranWaspadai Penyakit Khas Pascalebaran, Produktivitas Jangan Sampai Terganggu

Dari pantauan Cianjur Ekspres dari Jalur Puncak, mobil pendorong akhirnya melintas dari Bogor ke arah Cianjur pada pukul 13.00 WIB. Hal itu sekaligus menandakan pemberlakuan oneway arah sebaliknya yakni dari arah Cianjur ke Bogor.

“Hari sebelumnya oneway arah Cianjur ke Bogor itu sekitar pukul 15.30 WIB, hari ini cenderung lebih cepat,” ungkap Anjar di Pos Jabar 9, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas.

Meskipun sempat ramai lancar, sekitar satu jam setelahnya terjadi tumpukan kendaraan di Puncak Pass hingga Pos Cepu 2 Ciloto atau sekitar satu kilometer yang diduga disebabkan oleh tersendatnya lalu lintas di kawasan Bogor.

“Antrian yang terjadi di Puncak Pass akibat banyak kendaraan yang keluar dari persimpangan-persimpangan tempat wisata dan resto, juga kantong-kantong parkir di tempat wisata wilayah Bogor. Tapi kita sudah tempatkan personil khususnya di sekitar Warpat untuk mengutakan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Kata dia, pemberlakuan oneway dari Cianjur ke Bogor terus dilakukan hingga ekor kendaraan pemudik dan wisatawan yang pulang ke arah Jabodetabek habis.

“Kalau kita lihat, kendaraan didominasi kendaraan wisatawan yang liburan di kawasan Cipanas. Kita tetap pantau ekor antrian kendaraannya sampai mana dan tuntaskan,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan meskipun puncak arus balik terjadi kemarin, namun tidak menutup kemungkinan pada Senin hari ini kondisi lalu lintas tetap dipadati kendaraan.

Baca Juga:Polres Cianjur Prediksi Puncak Arus Balik Terjadi Malam Ini471.794 Kendaraan Kembali ke Jakarta

“Karena besok (Senin) masih cuti bersama. Kemungkinan jika volume kendaraan tinggi, kita akan berlakukan hal serupa,” ujar Anjar.

Dirinya pun mengimbau bagi pengendara yang terjebak macet saat oneway belaku agar bersabar. “Bagi kendaraan baik dari luar kota maupun dalam kota, agar bersabar saat terjadi oneway juga proses pending arus lalu lintas. Jika lelah menunggu bisa beristirahat di tempat makan di sisi jalan,” kata dia.

0 Komentar