Pemudik Ramai Via Jalur Alternatif Jonggol, Ini Imbauan Polisi

Alternatif via jonggol
Tampak papan penunjuk arah jalur alternatif mudik di pertigaan Patung Kuda Kosong, Kecamatan Sukaluyu, Cianjur.(Rikzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – Para pemudik yang melalui jalur alternatif Jakarta-Bandung via Jonggol, khususnya yang menggunakan sepeda motor diminta untuk selalu waspada dan beristirahat di tempat yang ramai.

Kanit Patroli Polsek Sukaluyu, Iptu Budi Yuda, mengatakan, mengingat para pemudik lebih memilih melakukan perjalanan pada malam hari, maka tingkatkan kewaspadaan. Terlebih jalur alternatif tersebut dikenal minim penerangan.

“Pemudik yang lelah dan ingin beristirahat, baiknya memilih area rest-area yang ramai seperti yang sudah disiapkan Polsek Cikalongkulon dan Sukaluyu. Intinya pilih tempat ramai untuk meminimalisir potensi kejahatan lain,” ujar Yuda saat ditemui Cianjur Ekspres di Pos 9 Polsek Sukaluyu pada Selasa, 9 April 2024 dini hari.

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman Pantau Posko Mudik di Majalengka dan SumedangSekda Herman Suryatman Bagikan Beras OPADI di Majalengka

Tak hanya itu, para pemudik yang menggunakan sepeda motor juga diimbau untuk melakukan perjalanan secara bergerombol. 

Meskipun pihaknya tetap menggencarkan patroli, dua hal tersebut dinilai efektif mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan lalu lintas (laka lantas) juga tindak kriminal lainnya.

Dari pantauan kepolisian, lanjut Yuda, jalur alternatif ramai dilalui pada pukul 21.00 WIB hingga 23.00 WIB, lalu dilanjutkan pada pukul 00.00 WIB hingga 03.00 WIB.

“Mereka (pemudik) melakukan perjalanan setelah buka dan mengejar waktu sahur di lokasi tujuan. Makanya ramai pada malam hingga dini hari,” kata dia.

Dari informasi yang dihimpun kepolisian, pemudik didominasi asal Bekasi, Depok, Bogor, dan Karawang. Sedangkan tujuan mudik terbanyak yakni menuju Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan sekitarnya.

0 Komentar