Kendaraan Pemudik Mulai Melintasi Cianjur, Puncak Arus Mudik Diperkirakan 10 April 2024

Pemudik
Pantauan arus lalu lintas di Bundaran Tugu Lampu Gentur Cianjur.
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – Kendaraan pemudik mulai nampak melintas di beberapa ruas jalan di wilayah Cianjur. Namun diperkirakan arus mudik mengalami kepadatan mulai Sabtu 6 April 2024 mendatang. 

“Ada beberapa (pemudik) melintas, tapi belum banyak. Kemungkinan akan mulai padat pada Sabtu depan. Sedangkan untuk puncak kepadatan arus mudik diperkirakan akan terjadi pada H-2 Lebaran atau 10 April 2024,” ujar KBO Lalu Lintas Polres Cianjur, Iptu Muchtaromi, Kamis 4 April 2024 malam. 

Setelah arus mudik, diperkirakan pada H+2 Idul Fitri 1445 Hijriah ruas jalan khususnya di wilayah Puncak, Cipanas akan mengalami kepadatan katena banyaknya wisatawan yang berlibur.

Baca Juga:Jabar Tuntaskan Bantuan Pangan Beras Tahap 1 Tahun 2024Sekda Herman Suryatman: Operasi Pasar Bersubsidi Tuntas H-4 Lebaran 

“Setelah arus mudik, nanti H+2 baru para wisatawan akan datang ke Cianjur untuk berlibur. Saat itu diperkirakan jalan-jalan khususnya daerah Puncak akan kembali alami kepadatan kendaraan,” ungkap Muchtaromi. 

Terpisah, Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Anjar Maulana, mengimbau para pemudik untuk berhati-hati saat melintasi Jalan Raya Puncak yang menurun dan berkelok. 

Pasalnya, jalur tersebut masuk ke dalam salah satu daftar jalan yang rawan bencana dan kecelakaan lalu lintas (laka lantas) saat arus mudik dan arus balik berlangsung.

“Tiga titik rawan bencana alam dan laka lantas yakni Jalan Raya Puncak, Jalur Alternatif Jonggol, juga Jalur Cianjur Selatan,” ungkap Anjar beberapa waktu lalu.

Di Jalan Raya Puncak khususnya wilayah Desa Ciherang, disebut rawan terjadi banjir yang meluber ke jalan, sementara Jalur Cianjur Selatan banyak terdapat titik rawan tanah longsor.

Pihaknya pun juga menyebut telah berkoordinasi bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur untuk memeriksa pohon-pohon yang rawan tumbang di sepanjang jalur mudik.

0 Komentar