Kinerja BUMD PT CSM Tahun 2023 Disorot, Anggota Pansus LKPJ dan Sekda Sebut Gagal

Rapat Pansus LKPJ
Rapat Pansus LPKJ Bupati 2023 di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur.(Herry Febriyanto/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES.DISWAY.ID,CIANJUR – Kinerja BUMD PT Cianjur Sugih Mukti (CSM) selama Tahun 2023 menjadi sorotan dalam Rapat Kerja Pansus LKPJ Bupati Cianjur Tahun 2023 di DPRD Kabupaten Cianjur pada Senin 18 Maret 2024. 

Anggota Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Cianjur, Yunus Sadar, menilai, bahwa kinerja BUMD PT CSM selama Tahun 2023 masih jauh dari kata sukses jika melihat dari berbagai kendala yang ada. 

“Karena memang sukses itu harus ada plus-plus yang harus diraih. Sementara saat ini piutangnya saja Rp2,4 miliar, itu piutang yang masih bisa bergerak kalau ada penagihan, bisa masuk piutang debitur,” katanya kepada Cianjur Ekspres usai Rapat Pansus, Senin 18 Maret 2024. 

Baca Juga:Tegaskan THR Wajib Dibayarkan Penuh, Menaker: Tidak Boleh DicicilPeninggian Tanggul Kali Bekasi Rampung Juni 2024

“Sementara piutang lost-nya di Rp2,4 (miliar,red) lagi berproses secara pidana,” sambungnya. 

Anggota DPRD Cianjur Fraksi Partai Gerindra tersebut bahkan mengatakan, kinerja BUMD PT CSM sepanjang Tahun 2023 bisa dikatakan gagal karena memang tidak ada pertumbuhan sama sekali. 

“Yang ada justru malah banyak persoalan-persoalan terkait hukum,” ujar Yunus.  

Menurutnya, BUMD PT CSM ketika dilihat dari fungsinya memang penting. Hanya saja tinggal dilakukan pembenahan ke depan agar pengelolaannya lebih profesional, akuntabel dan memiliki pertumbuhan ekonomi yang hebat. 

“Karena memang apapun bentuknya, CSM ini adalah lembaga yang harus memproduksi uang untuk meningkatkan ekonomi Cianjur, bukan lembaga yang berperan untuk menghabiskan uang,” tutur Yunus. 

Lebih lanjut Yunus menekankan, restrukturisasi dalam konteks pembenahan yang sesuai kompetensi harus dilakukan agar supaya CSM profesional, fokus dan independen tanpa ada intervensi-intervensi dari eksekutif ataupun legislatif. 

“Dia (CSM,red) harus terprotect (terlindungi,red) dan harus meyakini bahwa apa yang dia lakukan itu untuk Cianjur yang lebih baik,” katanya.

Baca Juga:Bey Machmudin: Pentingnya Hubungan Erat Pemerintah dan Ulama Kejar Jabar Hattrick, Bey Targetkan Cabor Dayung Raih 15 Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur, Cecep S. Alamsyah, mengatakan, awalnya Pemkab Cianjur bertekad harus mendongkrak perekonomian dengan menjaga stabilitas harga agar terjangkau oleh masyarakat. Yakni dengan adanya lembaga atau badan yang bisa mengerjakan itu secara lokal. 

“Nah kita bentuk BUMD di bidang perdagangan, terutama dari awalnya kan rekrutmen SDM-nya itu kita lakukan secara objektif, orang-orang profesional di situ yang masuk. Itu niatnya, tekadnya bagaimana kita bisa cepat mengejar untuk kemajuan ekonomi Cianjur,” katanya kepada wartawan sesuai Rapat Pansus LKPJ di Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, Senin 18 Maret 2024. 

0 Komentar