Ini Alasan Kenapa Harus Sahur Saat Ingin Berpuasa

Tantangan Hari Pertama Puasa
Designed by Freepik
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tradisi hatur sahur, atau sahur bersama, merupakan praktik yang umum dilakukan oleh umat Muslim saat menjalankan ibadah puasa.

Saat bulan Ramadan tiba, umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai bagian dari kewajiban agama mereka. 

Sahur adalah waktu sebelum fajar dimana mereka mengonsumsi makanan dan minuman untuk mempersiapkan tubuh untuk menahan lapar dan haus selama hari berpuasa.

Baca Juga:Tips Kulit Sehat Selama Puasa, Tetap Gunakan Sunscreen Non-Komedogenik8 Keutamaan Membaca Al-Quran Saat Ramadan, Salah Satunya Mendapat Syafaat

Mengapa orang melakukan hatur sahur saat berpuasa? Pertanyaan ini membuka jendela untuk melihat berbagai faktor yang memengaruhi praktik ini.

Pertama-tama, hatur sahur mencerminkan nilai-nilai solidaritas dan kebersamaan dalam komunitas Muslim.

Puasa bukanlah pengalaman individual, tetapi juga merupakan bagian dari pengalaman yang bersama-sama dilakukan oleh seluruh umat Muslim. 

Dengan berkumpul untuk sahur bersama-sama, mereka menguatkan ikatan sosial dan spiritual mereka.

Hal ini juga memberikan kesempatan untuk berbagi cerita, doa, dan pengalaman bersama, menciptakan rasa persatuan yang kuat di antara mereka.

Selain itu, hatur sahur juga memungkinkan orang untuk mendapatkan dukungan moral dan motivasi dari sesama umat Muslim.

Berpuasa selama berjam-jam dapat menjadi ujian yang berat bagi banyak orang, dan memiliki dukungan dari teman-teman atau keluarga dapat membantu mereka melewati tantangan tersebut dengan lebih baik.

Baca Juga:Keutamaan Ramadan, Menyucikan Diri Secara Spiritual dan FisikCurhat di Program PWK, Habib Jafar: Kenapa Foto Toleransi Mudah Viral?

Ketika seseorang merasa lelah atau lapar saat sahur, teman atau keluarga yang hadir dapat memberikan semangat dan dorongan untuk melanjutkan puasa dengan penuh keberanian dan keteguhan hati.

Selain aspek sosial dan dukungan emosional, hatur sahur juga memiliki manfaat praktis yang signifikan.

Mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi saat sahur dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh selama berpuasa.

Ini penting karena menjaga kesehatan tubuh adalah bagian penting dari menjalankan puasa dengan baik.

Makanan yang dikonsumsi saat sahur juga dapat memberikan energi yang diperlukan untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik selama puasa.

Selain itu, sahur juga memiliki dasar agama yang kuat dalam Islam. Rasulullah Muhammad SAW memberikan anjuran untuk makan sahur dalam beberapa hadisnya.

0 Komentar