Doa dan Tata Cara Salat Dhuha

Ramadan 2024
Designed by Freepik
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Salat Dhuha adalah salah satu bentuk ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Merupakan salat yang dilakukan setelah terbitnya matahari hingga menjelang waktu Dzuhur.

Salat ini memiliki banyak keutamaan dan berkah, serta dapat menjadi sarana untuk mendapatkan rahmat dan keberkahan dari Allah SWT.

Berikut ini adalah doa dan tata cara Salat Dhuha:

Baca Juga:Gabut Saat Jam Istirahat Siang? Kamu Bisa Meditasi untuk Memberikan Energi TambahanKelakuan 12 Zodiak Saat Lagi Menahan Rasa Haus dan Lapar Selama Berpuasa

Doa sebelum Salat Dhuha

Sebelum memulai Salat Dhuha, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa sebagai tanda kesadaran akan kebesaran Allah SWT dan memohon rahmat-Nya.

Berikut adalah doa yang dapat dibaca sebelum memulai Salat Dhuha:

“اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِيْمَا رَزَقْتَنِيْ وَقِنِيْ عَذَابَ النَّارِ”

Artinya:“Ya Allah, berkatilah apa yang Engkau rezekikan kepadaku dan peliharalah aku dari siksa api neraka.”

Tata Cara Salat Dhuha

Berikut adalah tata cara Salat Dhuha yang dapat diikuti:

Niat (Di dalam Hati)

  • Niatkan Salat Dhuha di dalam hati, dengan niat khusyuk dan penuh kesadaran akan kehadiran Allah SWT.

Persiapan Fisik

  • Bersuci (wudhu) secara sempurna, seperti yang dilakukan dalam Salat fardhu lainnya.
  • Memastikan bahwa pakaian yang dikenakan bersih dan layak untuk ibadah.

Waktu Pelaksanaan

  • Salat Dhuha dilakukan setelah terbitnya matahari dan sebelum waktu Dzuhur. Waktu yang paling utama adalah setelah terjadinya pemanasan matahari, yaitu sekitar 10 hingga 15 menit sebelum waktu Dzuhur.

Rakaat Salat Dhuha

  • Salat Dhuha terdiri dari dua rakaat hingga delapan rakaat, dengan tiap rakaatnya dilakukan secara berjamaah atau secara individu.
  • Untuk setiap rakaat, dilakukan dua rukuk (sujud) seperti Salat fardhu, dengan membaca Surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek dalam Al-Quran pada setiap rakaatnya.

Doa setelah Salat Dhuha

Baca Juga:8 Zodiak yang Paling Sabar Saat Berpuasa, Taurus Paling Pintar Mengendalikan Hasrat dan KeinginanMalas Beraktivitas? Mungkin Kamu Memerlukan Tujuan dan Motivasi

Setelah menyelesaikan Salat Dhuha, umat Muslim dianjurkan untuk membaca doa atau dzikir sebagai bentuk syukur dan memohon rahmat dari Allah SWT.

Beberapa doa yang dapat dibaca setelah Salat Dhuha antara lain:

  • “اللَّهُمَّ أَجِرْنِي مِنَ النَّارِ” (Allahumma ajirni minan naar) Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku dari siksa neraka.”   – “سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيْمِ” (Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil ‘azim) Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah Yang Maha Agung.”
  • “أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ رَبِّيْ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَّأَتُوْبُ إِلَيْهِ” (Astaghfirullah Rabbi min kulli dhanbin wa atubu ilaih) Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah, Tuhanku, dari segala dosa, dan aku bertaubat kepada-Nya.”
0 Komentar