Curhat di Program PWK, Habib Jafar: Kenapa Foto Toleransi Mudah Viral?

Program PWK
Program Podcast Warung Kopi (PWK) dengan host Praz Teguh dan bintang tamu Habib Jafar, tayang 3 Desember 2023.
0 Komentar

Sehingga, Habib Jafar berharap jika ada dua hal berbeda berdampingan lu foto dan share di medsos itu membantu banget kok. 

“Karena beberapa survei mengatakan konten yang intoleran 3x lipat lebih banyak dibandingkan konten yang toleran,” ungkapnya.

Makanya, hal-hal tersebut mudah sekali viral. Padahal, setiap kota atau kampung itu punya jejak moderat yang khas.

Di Padang, ada adat budaya dan agama disatukan.

Baca Juga:Tips Agar Tidak Lemas Saat Menjalankan Ibadah PuasaHari Pertama Puasa, Kamu Bisa Melakukan Banyak Aktivitas Bermanfaat

Di Surabaya dan Cirebon, ada kampung Arab dan Pecinanan saling berdampingan. Ada orang Chinese tinggal di gang orang Arab.

“Bahkan, sejarahnya dulu dia tinggal disana untuk minta perlindungan karena kasus intoleran sedang tinggi,” ungkapnya. 

Habib Jafar Akui Dulu Tidak Moderat

Dalam program tersebut, Habib Jafar mengakui saat masih kecil sering melempari gereja karena menganggap hal tersebut salah.

“Saat sudah besar baru tau itu salah, bahkan saya bukan hanya tidak moderat yang berbeda agama saja, berbeda suku pun gue seperti itu,” akuinya.

Dulu, lanjutnya, ia berpikir hal tersebut demi berjihad untuk agamanya. Padahal, prinsip pertama berjihad adalah tidak jahat.

“Tapi gue gak malu mengakui itu semua karena semua membutuhkan proses hidup,” ungkapnya.

“Saat ini mungkin masih banyak orang yang seperti itu, gue pun dulu seperti itu. Tapi sekarang gue begini dan lu juga bisa berubah, kalau memang mau,” tutupnya.

 

0 Komentar