Doa Berbuka Puasa, Makna Mendalam dalam Kehidupan Seorang Muslim

Ramadan 2024
Designed by Freepik
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Doa buka puasa, atau sering disebut dengan “doa berbuka puasa”, adalah doa yang dibaca ketika umat Muslim akan memulai makan setelah berpuasa sepanjang hari.

 Doa ini merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan memiliki makna yang dalam bagi umat Muslim.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang doa buka puasa beserta penjelasannya:

Baca Juga:Mall Terbesar di Indonesia Ada di BekasiPastikan Pasokan Listrik Andal Saat Ramadan, PLN rampungkan GI 150 kV Kebasen II

Doa Buka Puasa:

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِاللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُBismillahirrahmanirrahim Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu

Artinya:

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Ya Allah, aku berpuasa karena-Mu dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Penjelasan:

Bismillahirrahmanirrahim

Doa buka puasa dimulai dengan menyebut nama Allah, yaitu dengan kalimat “Bismillahirrahmanirrahim“, yang berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang”.

Dengan membaca kalimat ini, umat Muslim mengingatkan diri mereka akan kehadiran Allah dan memohon perlindungan-Nya saat mereka memulai makan setelah berpuasa.

Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu

Setelah menyebut nama Allah, umat Muslim kemudian melanjutkan dengan membaca doa utama “Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu“, yang artinya “Ya Allah, aku berpuasa karena-Mu dan dengan rezeki-Mu aku berbuka”.

Dalam kalimat ini, umat Muslim menyatakan niatnya untuk berpuasa hanya untuk Allah semata, sebagai ibadah kepada-Nya.

Selain itu, mereka juga mengakui bahwa rezeki yang mereka nikmati untuk berbuka merupakan anugerah dari Allah, dan mereka bersyukur atas nikmat tersebut.

Baca Juga:Makna Istimewa Salat Tarawih Bagi Umat MuslimIni Dia Pahala yang Bisa Didapatkan Saat Menjalankan Puasa Ramadan

Makna dan Hikmah

Doa buka puasa memiliki makna yang mendalam dalam kehidupan seorang Muslim.

Pertama, dengan menyatakan niat berpuasa hanya karena Allah, umat Muslim diingatkan untuk melakukan segala amalan dengan tulus dan ikhlas, tanpa mengharapkan pujian atau penghargaan dari manusia.

Kedua, doa ini mengajarkan umat Muslim untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah, termasuk nikmat makanan dan minuman yang diberikan-Nya untuk memulihkan kekuatan setelah berpuasa.

Dengan mengakui bahwa segala rezeki berasal dari Allah, umat Muslim diajarkan untuk menjadi hamba yang bersyukur dan tidak sombong.

Ritual Beribadah

Doa buka puasa juga merupakan bagian dari ritual beribadah yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadan.

0 Komentar