Jadwal Awal Ramadan 2024 NU, Simak Penjelasannya Bagi Kaum Nahdliyin!

Jadwal Awal Ramadan 2024 NU
Jadwal Awal Ramadan 2024 NU mengacu pada kalender hijriah yang diterbitkan Kemenag RI dan NU jatuh pada 12 Maret 2024 (Foto: Pixabay)
0 Komentar

Sidang Isbat ini penting karena menentukan awal bulan Hijriyah memiliki implikasi besar dalam menentukan jadwal ibadah dan acara keagamaan bagi umat Islam.  Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib mengatakan, sidang isbat nantinya akan dibagi dalam tiga tahap:

Tahap pertama, pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi.

Tahap kedua, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah yang digelar secara tertutup setelah Salat Magrib.

Baca Juga:Profil Legolas Rompies dan Geng TAI Pelaku Bullying Binus SchoolDaftar Nama Anggota Geng Anak Vincent Rompies, Banyak Anak Pesohor! 

Selain data hisab, sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Lalu, tahap ketiga adalah melakukan konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag.

Adapun apabila mengacu pada Kalender Islam Hijriah 2024 yang diterbitkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI dan NU, diperkirakan awal puasa Ramadan 2024 jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Namun perlu diketahui jika tanggal tersebut masih dalam bentuk prediksi.***

 

0 Komentar