Jadwal Puasa Sunnah Nisfu Syaban, Lengkap dengan Bacaan Niatnya

Jadwal Puasa Sunnah
Ini Jadwal Puasa Sunnah Nisfu Syaban
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES– Puasa Nisfu Sya’ban adalah puasa sunnah yang dilakukan pada malam pertengahan bulan Sya’ban. 

Puasa ini biasanya dilaksanakan pada tanggal 15 Sya’ban, tetapi ada perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai keutamaan dan pelaksanaannya. 

Beberapa ulama merekomendasikan untuk melaksanakan puasa ini, sedangkan yang lainnya menyatakan bahwa hadis-hadis yang mendukung puasa ini lemah atau tidak dapat diandalkan.

Baca Juga:Buruan Daftar SNBP 2024, Pendaftaran Akan Segera Ditutup 28 Februari!Raih Penghargaan Platinum Travel Agency dari Vietnam Airlines, tiket.com Dukung Kemajuan Pariwisata Vietnam

Puasa Nisfu Syaban memiliki makna dan keutamaan tertentu yang perlu dipahami agar umat muslim dapat melaksanakannya dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban:

Menghapus dosa-dosa kecil: Hadits dari Ibnu Majah dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa pada hari Nisfu Sya’ban, maka dosanya diampuni antara tahun yang lalu dan tahun ini.”

Mendapatkan rahmat dan maghfirah: Malam Nisfu Syaban merupakan salah satu malam yang mulia di mana Allah SWT melimpahkan rahmat dan maghfirah kepada hamba-Nya.

Mendapatkan pahala yang besar: Puasa Nisfu Syaban dibalas dengan pahala yang berlimpah, sebagaimana disebutkan dalam hadits dari Ibnu Hibban.

Sebagai persiapan menjelang Ramadan: Puasa Nisfu Syaban dapat menjadi latihan untuk meningkatkan ketaqwaan dan kesabaran sebelum memasuki bulan Ramadan.

Jadwal Puasa Nisfu Syaban:

Puasa ini biasanya dilaksanakan pada tanggal 15 Sya’ban.

Malam Nisfu Syaban jatuh tepat pada malam hari ke-14 Syaban.

Menurut kalender Hijriah Indonesia 2024, Nisfu Syaban jatuh pada 25 Februari 2024 sesuai dengan penentuan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca Juga:Inilah Manfaat Minum Kunyit untuk Kecantikan yang Alami Misi Ganda David da Silva, Jelang Laga Persib Bandung vs Barito Putera

Malam Nisfu Syaban ini bertepatan di Hari Sabtu, 24 Februari 2024. Sehingga, puasa Nisfu Syaban dapat dilaksanakan pada 25 Februari 2024.

Niat Puasa Nisfu Syaban:

Niat Puasa Nisfu Syaban Malam Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab latin: Nawaitu souma ghadin ‘an ada’i sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Syaban esok hari karena Allah SWT.”puasa islam,puasa sunah syaban,puasa nisfu syaban,puasa sunnah,niat puasa

Niat Puasa Nisfu Syaban Siang Hari

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Latin: Nawaitu souma hadzalyaumi ‘an ada’i sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

0 Komentar