5 Tanda-Tanda Terjadinya Tornado: Langit Menjadi Gelap Hingga Awan Berputar

Tanda-Tanda Terjadinya Tornado
Inilah Gambaran Langit Saat Terjadinya Tornado
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES– Tornado adalah pusaran angin kencang yang merusak yang dapat terjadi di mana saja di dunia.  

Fenomena angin kencang yang menerjang Rancaekek, Bandung pada tanggal 21 Februari 2024 bukan puting beliung biasa, melainkan badai tornado pertama yang tercatat di Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi oleh para pakar dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Baca Juga:Faktor Penyebab Angin Puting Beliung Terjadi, Yuk Simak Ciri-Ciri dan DampaknyaPakar BRIN: Fenomena di Rancaekek Bukan Puting Beliung, Tapi Tornado

Menurut Pakar Klimatologi BRIN Erma Yulihastin musibah yang terjadi di Rancaekek merupakan badai tornado pertama di Indonesia.

Erma memaparkan, Selain itu juga durasi. Dalam kasus puting beliung yang biasa terjadi di Indonesia, hanya sekitar 5-10 menit, Itu pun sudah lama banget. Hanya ada satu kasus yang tidak biasa ketika puting beliung terjadi dalam durasi 20 menit di Cimenyan pada 2021.

Meskipun tidak selalu mudah untuk diprediksi, ada beberapa tanda-tanda yang dapat mengindikasikan bahwa tornado akan segera terjadi:

1. Langit Menjadi Gelap

Salah satu tanda paling umum dari tornado yang akan datang adalah langit yang tiba-tiba menjadi gelap. Hal ini terjadi karena pusaran angin tornado mengangkat debu dan kotoran ke atmosfer, yang menghalangi sinar matahari.

2. Awan Berputar

Tanda lain dari tornado yang akan datang adalah awan yang berputar. Awan ini biasanya berwarna hijau, abu-abu, atau putih dan dapat terlihat berputar dengan cepat.

3. Suara Gemuruh

Tornado sering kali disertai dengan suara gemuruh yang keras. Suara ini disebabkan oleh gesekan angin kencang di dalam tornado.

4. Benda Terbang

Jika Anda melihat benda-benda ringan seperti daun, ranting, atau bahkan benda yang lebih besar seperti mobil terangkat ke udara, ini adalah tanda bahwa tornado mungkin sudah dekat.

Baca Juga:Mau Penghasilan Tambahan? Ini Rekomendasi Kerja Sampingan Online Ditahun 20247 Jenis Usaha yang Menghasilkan Uang Tiap Hari, Wajib Kamu Coba!

5. Hewan yang Gelisah

Hewan sering kali dapat merasakan perubahan tekanan udara dan cuaca sebelum manusia. Jika Anda melihat hewan-hewan seperti anjing, kucing, atau ayam yang gelisah atau ketakutan, ini bisa menjadi tanda bahwa tornado akan datang.

0 Komentar