3 Fenomena Alam Tornado Terdasyat yang Pernah Terjadi di Dunia

Tornado Terdasyat yang Pernah Terjadi
Dari sekian kejadian fenomenal alam tornado, ada tiga kejadian yang menjadi fenomena tornado paling dasyat yang pernah terjadi
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Fenomena alam tornado bisa terjadi di seluruh belahan dunia, akan tetapi tornado terdasyat yang pernah terjadi hanya ada di tiga wilayah ini.

Walaupun tornado lebih sering terjadi di negara Amerika Serikat atau memiliki julukan Paman Sam, bahkan berdampak pada beberapa wilayah disekitarnya.

Akan tetapi masih ada tornado paling dasyat yang pernah terjadi di dunia.

Baca Juga:Ternyata Amerika Serikat sering Terjadi Tornado Frekuensi TinggiBegini Proses Terjadinya Tornado dari Kombinasi Atmosfer

Tornado adalah fenomena alam berupa kolom angin yang berputar dan melilit ke atas dari permukaan bumi ke dalam awan badai. 

Tornado seringkali terlihat sebagai tabung atau silinder berwarna abu-abu atau hitam, tetapi sebenarnya tidak terlihat jika tidak diisi oleh debu atau uap air. 

Tornado dapat menyentuh tanah dan menyebabkan kerusakan yang serius.

Tornado paling dasyat atau paling kuat yang pernah tercatat disebut sebagai tornado EF5 pada skala Enhanced Fujita (EF). 

EF5 adalah tingkatan tertinggi dalam skala penilaian kekuatan tornado, dan tornado dengan kategori ini dapat menyebabkan kerusakan yang sangat parah. 

Meskipun terdapat beberapa tornado EF5 yang terjadi di berbagai wilayah.

Tornado EF5 adalah kejadian yang jarang terjadi dan biasanya melibatkan kondisi atmosfer yang sangat ekstrim. 

Penelitian dan pemahaman mengenai tornado terus berkembang untuk meningkatkan peringatan dini dan pemahaman risiko tornado.

Tornado EF5 adalah kategori tertinggi dalam skala Enhanced Fujita (EF), yang digunakan untuk mengukur kekuatan tornado berdasarkan tingkat kerusakan yang ditimbulkan. 

Baca Juga:Cara Tepat Menghindari Tornado Saat di Luar RumahMaskapai Garuda Indonesia Luncurkan Pesawat Pokemon yang Menggemaskan

Tornado EF5, tornado yang memiliki kekuatan dan potensi kerusakan yang sangat ekstrem.

Tornado EF5 adalah peristiwa yang langka, dan hanya sejumlah kecil tornado yang mencapai kategori ini setiap tahunnya. 

Meskipun langka, tornado EF5 dapat menyebabkan kerusakan dan dampak yang sangat serius, termasuk risiko terhadap kehidupan dan keamanan masyarakat.

Peringatan dini dan rencana keamanan sangat penting untuk melindungi diri dari potensi bahaya tornado EF5.

Salah satu contoh yang paling terkenal adalah Tornado Tri-State yang melanda Missouri, Illinois, dan Indiana pada tanggal 18 Maret 1925.

Beberapa tornado EF5 lain yang signifikan

1. Tornado Moore, Oklahoma (20 Mei 2013)

0 Komentar