11 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesehatan Otak

Cara Makan Terbaik untuk Kesehatan Otak
Otak membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal, termasuk memori, pemecahan masalah, konsentrasi, dan pengambilan keputusan. (Foto: unsplash/hxyume)
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Terdapat beberapa makanan yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.

Otak adalah organ yang sangat penting dalam tubuh manusia karena mengatur hampir semua fungsi tubuh dan proses kognitif. Oleh karena itu, memberikan makanan terbaik bagi otak sangatlah penting.

Dengan memberikan makanan terbaik bagi otak, seseorang dapat membantu menjaga kesehatan otak mereka dan meningkatkan fungsi kognitif mereka sepanjang hidup.

Baca Juga:iPhone Ketar Ketir! Samsung S24 Ultra Hadir Sebagai Hp dengan Spek TerbaikPangling! Netizen Dibuat Terpana dengan Rambut Blonde Winter Aespa di HMA

1. Ikan Berlemak: 

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, makarel, dan trout mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam dokosaheksaenoat), yang merupakan komponen penting dari jaringan otak.

Konsumsi omega-3 dapat membantu meningkatkan fungsi otak, memperbaiki memori, dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

2. Buah-buahan dan Sayuran Berwarna-warni: 

Buah-buahan dan sayuran berwarna-warni, khususnya yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten, dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan.

Contoh buah-buahan dan sayuran yang baik untuk kesehatan otak termasuk blueberry, stroberi, kale, bayam, dan wortel.

3. Kacang-kacangan dan Biji-bijian: 

Kacang-kacangan seperti kenari, almond, kacang mete, dan biji-bijian seperti biji bunga matahari dan biji rami mengandung vitamin E, antioksidan, dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan fungsi kognitif.

4. Kacang Hijau: 

Kacang hijau kaya akan asam folat, vitamin B, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan otak dan sistem saraf. Asam folat khususnya penting untuk perkembangan dan fungsi otak yang sehat.

5. Teh Hijau: 

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak, meningkatkan memori, dan melindungi otak dari penuaan.

Baca Juga:Congrats! Jungkook BTS Menangkan Trofi di People's Choice Awards 2024'Marry My Husband' Menjadi Drama Terpopuler Selama 6 Minggu Berturut-turut

6. Biji-bijian Utuh: 

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, gandum utuh, dan oatmeal kaya akan serat, vitamin B, dan mineral yang dapat membantu mempertahankan kesehatan otak dan meningkatkan konsentrasi.

7. Minyak Zaitun: 

Minyak zaitun extra virgin mengandung antioksidan dan asam lemak sehat, seperti omega-3 dan omega-6, yang dapat membantu melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

0 Komentar