5 Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Disepelekan!

5 Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Jangan Disepelekan!
Penderita Asam Urat
0 Komentar

CIANJUREKSPRES– Penderita asam urat memang perlu berhati-hati dalam memilih makanan, termasuk sayuran. Beberapa jenis sayuran mengandung purin yang tinggi, senyawa yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh.

5 sayuran yang perlu dibatasi konsumsinya oleh penderita asam urat:

1. Asparagus

Asparagus adalah sayuran hijau yang populer dengan batang panjang dan ramping. Ujungnya runcing dan memiliki kuncup yang masih rapat. Asparagus memiliki rasa yang sedikit pahit dan tekstur yang renyah.

Asparagus mengandung purin sedang (150-200 mg per 100 gram). Meskipun kaya folat dan vitamin, konsumsi berlebihan asparagus dapat meningkatkan kadar asam urat dan berpotensi memicu serangan. Batasi konsumsi asparagus maksimal 1/2 cangkir per porsi, 5 kali seminggu.

2. Kembang Kol

Baca Juga:Perlu Diketahui! Inilah 5 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes5 Bahan Alami yang Bisa Pudarkan Flek Hitam Menurut dr. Richard Lee, Begini Cara Pakainnya

Kembang kol, juga dikenal sebagai bunga kol, adalah sayuran yang berasal dari keluarga Brassicaceae, sama seperti brokoli, kubis, dan kale.

Kembang kol mengandung purin sedang (43.2 mg per 100 gram). Sayuran ini kaya vitamin C, K, dan folat. Konsumsi kembang kol sebaiknya dibatasi, maksimal 1/2 cangkir per porsi.

3. Jamur

Jamur mengandung purin sedang (40-100 mg per 100 gram). Sayuran ini kaya vitamin D, B kompleks, dan kalium. Konsumsi jamur sebaiknya dibatasi, maksimal 1/2 cangkir per porsi.

4. Bayam

Bayam adalah tanaman sayuran hijau yang populer dengan daun berwarna hijau tua dan batang yang panjang dan ramping. Bayam mudah diolah dan kaya akan nutrisi.

Bayam mengandung purin tinggi (57 mg per 100 gram). Sayuran ini kaya vitamin A, B kompleks, C, E, zat besi, dan serat. Namun, bagi penderita asam urat, konsumsi bayam sebaiknya dibatasi.

5. Kacang Polong

Kacang polong  adalah kacang bulat berwarna hijau yang populer di berbagai masakan. Kacang ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Kacang polong mudah diolah dan kaya akan nutrisi.

Kacang polong mengandung purin tinggi (50-100 mg per 100 gram). Sayuran ini kaya protein, serat, vitamin K, dan folat. Penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi kacang polong, maksimal 1/2 cangkir per porsi.

0 Komentar