PLN UP3 Cianjur Gelar Inspection Day Serentak Bulan K3 Tahun 2024

PLN UP3 Cianjur Gelar Inspection Day Serentak Bulan K3 Tahun 2024
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM,CIANJUR – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur menggelar kegiatan “Inspection Day Serentak Bulan K3 Tahun 2024” pada Jumat 2 Februari 2024 yang diselenggarakan secara daring.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung tema bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional yang diangkat oleh PLN tahun ini, yakni “Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketenagalistrikan yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan”.

Manager PT PLN (Persero) UP3 Cianjur, Agus Tasya, beserta segenap jajaran manajemen, tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), pasukan pelaksana pelayanan teknik (Yantek) dan pelaksana pekerjaan lainnya yang berjumlah lebih dari lima puluh orang mengikuti kegiatan yang berlangsung kurang lebih dua jam tersebut.
.
“Kita harus bekerja dengan semangat dan pulang dengan selamat. Selain itu, kita tidak hanya fokus zero accident, tapi kita juga harus mengupayakan zero harm dan zero lost,” pesan Executive Vice President (EVP) Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3L), Doddy B. Pangaribuan.

Baca Juga:KLHK Tanam Pohon Serentak di Seluruh IndonesiaAntre Sejak Pagi, Ribuan Pencari Kerja Memadati Kantor Pos Cianjur

Sementara itu, Direktur Distribusi, Adi Priyanto, mengingatkan, bahwa K3 harus diterapkan dalam setiap kegiatan dan pekerjaan bisa dihentikan jika tidak memenuhi unsur safety seperti pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri (APD).

“Tidak boleh bekerja sendirian karena satu orang harus berfungsi sebagai pengawas pekerjaan,” ujarnya.

Selain itu, Adi juga berpesan agar pimpinan unit seperti Manager UP3 dan Manager ULP (Unit Pelayanan Pelanggan) melaksanakan sidak pekerjaan. Peralatan penunjang pekerjaan seperti radio komunikasi juga harus ada.

“Tidak ada alasan radio komunikasi rusak, harus segera diganti atau repeater yang rusak juga harus segera diperbaiki,” katanya.

Usai sambutan, kegiatan Inspection Day kali ini lalu dilanjutkan dengan safety briefing, pembacaan komitmen keselamatan dan kesehatan kerja, serta gelar peralatan pasukan PDKB, Yantek dan pelaksana pekerjaan lainnya.

“Gelar peralatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peralatan kerja sudah sesuai dengan standar K3 sebagai tindakan preventif dalam mengutamakan keselamatan petugas dan pelanggan,” ujar Manager PT PLN (Persero) UP3 Cianjur, Agus Tasya.

Di lokasi lain, General Manager PLN UID Jawa Barat, Susiana Mutia, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PLN UP3 Cianjur ini. Dia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran untuk memperhatikan keselamatan dalam bekerja.(*)

0 Komentar