Kenali Perbedaan SNBP dan SNMPTN untuk Masuk PTN Impian

Perbedaan SNBP dan SNMPTN
Perbedaan SNBP dan SNMPTN
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Sekarang sudah mulai ramai pembukaan seleksi untuk masuk perguruan tinggi seperti SNBP, akan tetapi perlu mengenali lebih dulu perbedaan SNBP dan SNMPTN sebelum daftar dalam jalurnya.

SNBP merupakan seleksi nasional untuk masuk perguruan tinggi negri yang merupakan PTN berdasarkan atas seleksi restasi dan nilai rapot sebagai pengganti dari SNMPTN pada 2023 lalu.

Pada SNBP ini para calon mahasiswa akan dititikberatkan pada prestasi dan nilai rapot baik akademik maupun non akademik dan hanya siswa yang dinyatakan eligible yang bisa mendaftarkan diri ke jalur SNBP 2023.

Baca Juga:DKPP Putus Ketua KPU Langgar Kode Etik karena Loloskan Gibran jadi CawapresShio Orang Terkenal Dunia dengan Keberuntungannya

Hal ini membuat banyak siswa berminat dan berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri, untuk pendaftaran akun akan ditutup pada 15 Februari 2023 pukul 15.00 WIB.

SNBP ini adalah pengganti dari SNMPTN pada tahun sebelumnya, ada beberapa perbedaan dari kedua jalur masuk PTN ini simak dibawah perbedaannya.

Perbedaan SNBP dan SNMPTN

1. Yang menyelenggarakan

Untuk perbedaan yang pertama ini cukup jelas ya karena NSMPTN diadakan oleh LTMPTN yakni Lembaga Tes Masuk perguruan Tinggi sedangkan SNBP ini diadakan oleh BPPP Balai Pengujian Pendidikan.

2. Mahasiswa Vokasi

SNMPTN hanya menerima sarjana dan sarjana terapan, sednagkan SNBP ini dapat menerima mahasiswa vokasi selain dari dua itu.

3. Prodi pilihan

Untuk SNMPTN calon mahasiswa hanya boleh memilih produk atau jurusan sesuai dengan saat sekolahnya baik SMA/SMk, namun untuk SNBP ini boleh lintar jalur jadi tidka sesuai peminatan.

4. Skema seleksi

SNMPTN hanya berdasarkan prestasi akademik saja yang diperlihatkan dari nilai rapot sedangkan untuk SNBP ini berdasarkan nilai akademik juga non akademik.

5. Nilai mapel

SNMPTN ini menggunakan nilai mata pelajaran tertentu yang berkaitan dengan program studi atau jurusan yang akan dipilih, namun untuk SNBP ini mempertimbangkan nilai keseluruhan mata pelajaran.

0 Komentar