Sikap Gibran Disorot Media Asing: Debat ke-2 Dinilai Negatif

Gibran Disorot Media Asing
Gibran Disorot Media Asing
0 Komentar

CIANJUREKSPRES- Sikap Gibran disorot media asing, salah satunya oleh Channel News Asia (CNA) melalui artikel “Dent in public hype over Indonesia VP candidate Gibran after ‘rude’ gesture against opponent in live debate”.

Media ini menyorot mengenai aksi gimik yang dilakukan dalam debat cawapres kedua pada Minggu (21/1) lalu.

CNA menggarisbawahi respon masyarakat terhadap penampilan Gibran dalam debat cawapres pertama dan kedua. Sayangnya kali ini justru cenderung dinilai negatif.

Baca Juga:3 Fakta Film Laura, Diangkat dari Kisah Nyata Pencari Keadilan Selebgram3 Manfaat Nikel untuk Sehari-hari, Banyak Dibahas dalam Debat

Sikap Gibran Disorot Media Asing

“Kinerja calon wakil presiden Indonesia Gibran Rakabuming Raka- yang juga merupakan putra Presiden petahana Joko Widodo- mendapat kecaman … dalam debat langsung akhir pekan lalu,” tulis media itu dikutip Rabu (24/1/2024).

“Hal ini sangat kontras dengan kehebohan yang disampaikannya pada bulan lalu setelah debat kedua yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia yang mempertemukan Gibran dengan rivalnya yang lebih berpengalaman,” tambah laman tersebut.

CNA juga mengutip sejumlah agensi yang menjelaskan mengapa penampilan Gibran dalam debat cawapres kedua dinilai ‘cringe’ dan ‘menggelikan’.

Dituliskan hal tersebut bermula saat dirinya menanyakan tentang bagaimana greenflation bisa diatasi di RI kepada Mahfud MD (cawapres nomor urut 3).

Setelah Mahfud menjawab pertanyaan itu, Gibran justru menanggapinya dengan gestur membungkuk-bungkuk, seakan sedang mencari sesuatu.

“Saya mencari jawaban Prof Mahfud. Saya sedang mencari (jawabannya tetapi) kok saya tidak dapat menemukannya?” tulis CNA menyebut balasan Gibran seraya menjelaskan saat itulah “ducking gesture” alias gerakan merunduk dilakukan cawapres Prabowo Subianto tersebut.

Mahfud lantas berbalik mengatakan bahwa pertanyaan yang dilontarkan Gibran tersebut merupakan pertanyaan receh, sehingga tidak layak untuk dijawab. Dirinya lantas memberikan sisa waktu yang ada kepada kedua moderator debat.

Baca Juga:12 Sikap Saat Debat Biar Tampil Berkelas, Boleh Pakai Gimmick?Sindiran Tom Lembong untuk Gibran: 7 Tahun Bikin Contekan Sang Ayah!

“Saya juga ingin mencari jawabannya, ngawur juga. Ngarang-ngarang tidak karuan, mengkaitkan dengan sesuatu yang tidak ada. Kalau akademis itu, gampangnya kalau bertanya yang gitu-gitu recehan,” balas Mahfud.

Menurut laporan CNA, warganet di media sosial menilai bahwa tindakan Gibran tidak menghormati sosok Mahfud yang jauh lebih tua dan tengah menduduki jabatan penting dalam pemerintahan Jokowi saat ini.

0 Komentar