Puluhan Truk Sampah Antre di TPAS Pasir Sembung Cianjur, Ini Penjelasan DLH

Puluhan Truk Sampah Antre di TPAS Pasir Sembung Cianjur, Ini Penjelasan DLH
Puluhan truk pengangkut sampah mengantre di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur pada Jumat (19/1/2024).(Rikzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Puluhan truk pengangkut sampah mengantre di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Pasir Sembung, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur pada Jumat (19/1/2024). Kondisi tersebut sudah terjadi sejak sebulan lalu.

Kepala Seksi Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur, Gandi Sugandi, mengungkapkan, jika penumpukan kendaraan pengangkut sampah terjadi karena tidak ada lagi lahan untuk pembuangan.

Padahal, di lokasi TPAS Pasir Sembung sudah menyediakan kurang lebih 4,6 hektar lahan untuk tempat pembuangan sampah darurat sejak bulan lalu. Namun saat ini, semua lokasi sudah penuh.

Baca Juga:Luhut Ungkap Rencana Naikkan Pajak Motor Non-ListrikDukung Instruksi Presiden, Bupati Cianjur Herman Suherman Gunakan Motor Listrik Sebagai Kendaraan Dinas

“Ada tiga lokasi disiapkan untuk pembuangan sampah sementara, ada yang 2.600 meter persegi, dan dua lokasi seluas 1.000 meter persegi. Tapi sudah penuh dan saat ini kita menunggu instruksi dari atasan untuk lokasi pembuangan sampah,” ujar Gandi saat ditemui Cianjur Ekspres, di TPAS Pasir Sembung.

Kata Gandi, sebelum TPAS Mekarsari Kecamatan Cikalongkulon beroperasi, sampah di 16 kecamatan Cianjur akan terus berdatangan ke TPAS Pasir Sembung kendati sudah ditutup.

“Karena kalau bukan ke sini mau buang kemana lagi. Kita juga sedang menunggu TPAS Mekarsari bisa beroperasi baru kita alihkan pembuangan ke sana,” kata dia.

Dari pantauan Cianjur Ekspres, tumpukan sampah sudah terlihat dari sisi jalan. Mobil-mobil pengangkut sampah pun mengantri sampai ke gerbang TPAS Pasir Sembung.(zan)

0 Komentar