7 Dampak Melupakan Memakai Sunscreen untuk Wajah

Sunscreen
Sunscreen
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Tidak menggunakan sunscreen dapat memiliki berbagai dampak negatif pada kulit, terutama ketika terpapar sinar matahari secara langsung.

Beberapa dampak tersebut melibatkan risiko kesehatan dan penuaan dini sehingga sangat penting untuk menggunakan sunscreen dengan benar dan secara teratur, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

Pilihlah sunscreen dengan SPF yang sesuai dengan jenis kulit dan aktivitas Anda. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya pada seluruh area kulit yang terpapar sinar matahari, termasuk wajah, leher, lengan, dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:10 Manfaat Menggunakan Skincare untuk Merawat WajahDaftar Handbody Serum Terbaik di Indomart

Dampak Tidak Menggunakan Sunscreen

Kanker Kulit

Paparan sinar UVB dan UVA dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, termasuk kanker sel basal, kanker sel skuamosa, dan melanoma. Penggunaan sunscreen secara teratur membantu melindungi kulit dari kerusakan yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

Penuaan Dini

Sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, termasuk munculnya garis-garis halus, kerutan, dan bintik-bintik penuaan. Penggunaan sunscreen membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV yang dapat mempercepat proses penuaan.

Hiperpigmentasi

Paparan sinar matahari dapat merangsang produksi melanin, yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi atau peningkatan warna gelap pada kulit. Sunscreen membantu mencegah atau mengurangi risiko munculnya bintik-bintik gelap atau melasma.

Kemerahan dan Peradangan

Sinar UV dapat menyebabkan kemerahan dan peradangan pada kulit, terutama pada individu yang sensitif terhadap matahari. Sunscreen membantu mengurangi risiko iritasi dan meredakan peradangan.

Risiko Sunburn

Tidak menggunakan sunscreen meningkatkan risiko terbakar sinar matahari. Sunburn dapat menyebabkan nyeri, kemerahan, dan kulit yang terkelupas. Penggunaan sunscreen dapat membantu mencegah sunburn.

Risiko Radiasi UV dalam Ruangan

Meskipun mungkin berada di dalam ruangan, radiasi UV dapat tetap mencapai kulit melalui jendela atau paparan langsung matahari di dalam ruangan. Oleh karena itu, menggunakan sunscreen bahkan ketika berada di dalam ruangan dapat membantu melindungi kulit.

Kerusakan Kolagen dan Elastin

Paparan sinar matahari dapat merusak serat kolagen dan elastin dalam kulit, yang mendukung kekencangan dan elastisitas kulit. Kerusakan ini dapat menyebabkan kehilangan kekencangan dan kulit tampak lebih kendur.

0 Komentar