Strategi Anies Perkuat Kerja Sama Selatan-Selatan: Lakukan seperti Ali Sastroamidjojo

strategi anies
Anies Baswedan dan Cak Imin. Foto: dok
0 Komentar

CIANJUREKSPRES, JAKARTA – Salah satu pertanyaan dalam Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024 yang digelar pada Minggu (7/1) menyinggung soal strategi setiap pasangan calon (paslon) untuk memperkuat kerja sama Selatan-Selatan. Strategi Anies agar seperti Ali Sastroamidjojo.

Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan, menyebut presiden sebagai panglima diplomasi mesti melakukan cara seperti yang diterapkan Ali Sastroamidjojo. Yakni, merangkul semua pemimpin negara Selatan-Selatan sekaligus membahas agendanya.

“Yang harus dilakukan seperti yang dilakukan ketika era Bung Karno oleh Ali Sastroamidjojo. Apa yang dikerjakan? Merangkul semua, membawa apa yang mnjd agenda Selatan-Selatan,” jelasnya.

Baca Juga:Minim Penerangan, Hati-hati Melintas Jalan Cianjur-JonggolSurvei Indikator: Gerindra Kembali Salip PDIP

Anies pun memberikan salah satu contoh agenda yang patut dibahas bersama Selatan-Selatan, yakni krisis iklim. “Kita berhadapan dengan climate crisis. Biaya untuk menghadapi climate crisis itu tinggi sekali,” katanya.

“Dan kita bicara dengan Selatan-Selatan, yuk kita bicara dengan Utara-Utara bagaimana kita membiayai climate crisis sebagai satu kesatuan. Indonesia lah yang jadi pemimpin Selatan-Selatan,” imbuh Anies. (nik)

0 Komentar