Longsor di Campakamulya Cianjur, Seret Rumah hingga Putus Jalan Penghubung Antar Desa

Longsor di Campakamulya Cianjur, Seret Rumah hingga Putus Jalan Penghubung Antar Desa
0 Komentar

CIANJUR,cianjur Ekspres – Akibat hujan deras, satu rumah di Kampung Cimanggu, RT 14/RW 03, Desa Cibanggala, Kecamatan Campakamulya, Kabupaten Cianjur terseret longsor dari tebing setinggi 30 meter, pada Selasa (2/1/2024) sekitar pukul 18.00 WIB. Selain rumah, longsor juga memutus akses jalan antar desa.

Camat Campakamulya, Candra Dwi Kusumah, membenarkan bahwa telah terjadi longsor di sejumlah titik di wilayahnya.

“Kejadiannya karena hujan deras, itu langsung menimpa bangunan rumah. Kebetulan rumahnya ada di bawah jadi terseret oleh material longsoran hingga tergeser di Desa Cibanggala,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Rabu (3/1/2024).

Baca Juga:Libur Nataru 2023-2024, 15 Ribu Wisatawan Menginap di CianjurBasarnas Evakuasi Pasien RSUD Sumedang Hindari Bahaya Gempa

Candra mengungkapkan, kejadian longsor di Desa Cibanggala ada tiga titik, pertama longsor menghantam satu rumah panggung milik warga dengan dari tebing setinggi 30 meter.

“Terus akses jalan desa terseret longsoran, sekarang putus penghubung Desa Cibanggala-Sukabungah, dan sawah milik petani juga terkena longsor,” katanya.

Candra menyebut, tidak ada korban jiwa akibat longsor tersebut, hanya satu Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah empat jiwa sudah dievakuasi ke rumah keluarganya. Rencananya, satu rumah itu akan direlokasi ke tempat yang lebih aman.

“Rencana rumah itu akan di relokasi. Kami mengimbau untuk berhati-hati menyikapi musim hujan dengan intensitas sangat tinggi. Juga diusahakan untuk tidak membuat kebun dan petakan sawah di lahan yang kondisi kemiringannya 45 derajat,” katanya.

“Intinya kewaspadaan ketika turun hujan, kehati-hatian apalagi yang kondisi bangunannya ada di lereng-lereng atau di kecuraman yang sangat berbahaya,” sambung Candra.(dik)

0 Komentar