Kebutuhan Pokok yang Mengalami Kenaikan Harga di 2024

Kebutuhan Pokok yang Mengalami Kenaikan Harga di 2024
Kebutuhan Pokok yang Mengalami Kenaikan Harga di 2024
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Memprediksi kenaikan harga kebutuhan pokok di tahun yang akan datang memang cukup sulit dilakukan. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga, karena bisa beragam dan sulit dikontrol.

Tetapi, dilihat dari data dan tren saat ini, ada beberapa kebutuhan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan harga di tahun 2024 mendatang.

Untuk mengetahui apa saja kebutuhan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan harga di tahun 2024, kamu dapat menyimak artikel ini hingga akhir!

Baca Juga:Berikut Alasan Erick Thohir Membubarkan 7 BUMN3 Inspirasi Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kebutuhan Pokok yang Mengalami Kenaikan Harga

1. Beras

Beras menjadi salah satu kebutuhan pokok yang berpotensi mengalami kenaikan harga secara global. Hal itu bisa disebabkan oleh gangguan produksi akibat perubahan iklim yang diperkirakan masih akan berlanjut hingga tahun 2024.

2. Cabai

Harga cabai rawit dan cabai merah besar juga berpotensi mengalami kenaikan harga. Harga bahan pokok ini tergantung pada musim panen dan cuaca.

Selain itu, keberagaman harga cabai juga bisa disebabkan oleh keterlambatan panen dan serangan hama.

3. Telur ayam

Kenaikan harga telur ayam dapat dipengaruhi oleh biaya pakan ternak yang mayoritas diimpor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fluktuasi harga pakan dan kurs mata uang dolar dapat mempengaruhi harga telur ayam.

4. Daging sapi

Kenaikan harga daging sapi dapat dipengaruhi oleh pasokan dalam negeri dan impor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keterbatasan pasokan sapi potong dalam negeri dan kenaikan harga daging sapi di negara eksportir dapat mendorong kenaikan harga.

5. Minyak goreng

Kebijakan pemerintah yang mendukung diversifikasi minyak goreng dan juga potensi kenaikan harga minyak nabati secara tidak langsung dapat mempengaruhi harga minyak goreng kemasan dan curah.

6. Bawang merah dan bawang putih

Kenaikan bahan pokok ini bisa disebabkan oleh ketergantungan pada impor serta gangguan produksi akibat cuaca ekstrem.

Baca Juga:3 Rekomendasi Tempat Piknik Seru di Jakarta dan Sekitarnya3 Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable di Kota Bogor

7. Gula pasir

Kenaikan harga gula pasir dapat dipengaruhi oleh produksi tebu dalam negeri dan harga gula dunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa fluktuasi harga dan potensi kekurangan pasokan dapat memicu kenaikan harga.

8. Kedelai

Kenaikan harga kedelai di dunia dapat diakibatkan oleh faktor geopolitik dan cuaca. Sehingga bisa mempengaruhi harga tahu, tempe, dan produk olahan kedelai lainnya.

0 Komentar