Ini Aturan Truk Sumbu 3 Melintasi Jalan Raya Cipanas-Cianjur saat Nataru

Ini Aturan Truk Sumbu 3 Melintasi Jalan Raya Cipanas-Cianjur saat Nataru
Hingga 2 Januari 2024, mobil truk sumbu 3 (tiga) atau dengan bobot lebih dari delapan ton yang akan melintasi Jalan Raya Cipanas-Cianjur dibatasi jam operasionalnya.(Riekzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Hingga 2 Januari 2024, mobil truk sumbu 3 (tiga) atau dengan bobot lebih dari delapan ton yang akan melintasi Jalan Raya Cipanas-Cianjur dibatasi jam operasionalnya.

Tak hanya itu, mulai 31 Desember hingga 1 Januari 2024 jalur puncak pun ditutup karena adanya car free night mulai pukul 18.00 WIB hingga 06.00 WIB di Jalur Gadog-Puncak Pass.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Adhi Prasidya, mengungkapkan bagi pengendara dari Bandung atau dari Bogor yang akan melintasi Cianjur di waktu-waktu tersebut untuk menggunakan jalur alternatif melalui Jonggol atau Sukabumi.

Baca Juga:Amankan Natal 2023, Polres Cianjur Turunkan 400 Personel GabunganJasa Marga Operasikan Fungsional Akses Darangdan di Ruas Tol Cipularang

“Untuk pengalihan ada di dua titik yakni di simpang Tugu Lampu Gentur dan didepan Rumah Makan Mamifokobo. Nanti kendaraan-kendaraan akan diputarkan di titik itu. Maka kita mengimbau pada pengendara yang akan ke Puncak untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol atau Sukabumi,” kata Adhi, Senin (25/12/2023).

Pembatasan Jam Operasional ditujukan pada angkutan barang sumbu III dan lebih dari delapan ton tidak melintasi jalur arteri Jalan Raya Puncak mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.

“Mobil pengangkut hasil galian seperti tanah, pasir, batu, bahan tambang, dan bahan bangunan untuk tidak melintasi Jalur Puncak, kecuali kendaraan pengangkut BBM, gas, sembako, dan hewan ternak,” kata dia.

Untuk mengatur arus lalu lintas juga pada masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polres Cianjur terjunkan 73 personil lapangan, juga enam perwira pengendali.

“Kita siapkan total 79 personil yang ditempatkan di lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan di Jalur Puncak, jalur Gekbrong dan di jalur Ciranjang,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cianjur Dadan Ginanjar mengungkapkan, pihaknya mengerahkan hampir seluruh anggota Dishub untuk pengamanan jalur di momen libur Nataru.

“Personil Dishub ada sekitar 280 orang, hampir semuanya disiagakan di seluruh jalur di Cianjur. Tidak ada personil kita yang liburan atau keluar kota saat libur Nataru,” ujar Dadan saat dihubungi Cianjur Ekspres.

Baca Juga:Sorot Hilirisasi dan Digitalisasi, Pemuda Tani Sebut Gibran Wakil ZeitgeistUsai Debat Cawapres, Mahfud Percaya Diri Kuasai Semua Topik

Kata dia, personil-personilnya ditempakan di seluruh jalan arteri di Kabupaten Cianjur, mulai dari Jalur Puncak, Jalur Ciranjang-Haurwangi, dan Jalur Warungkondang-Gekbrong.

“Di tiap persimpangan kita siagakan personil. Mulai dari perbatasan Bogor-Cianjur, Cianjur-Bandung Barat, juga Cianjur-Sukabumi. Ada juga di pos-pos jaga Polres Cianjur untuk perbantuan pengamanan jalan,” pungkasnya.(zan)

0 Komentar