8 Tanaman Langka di Dunia Salah Satunya Ada di Indonesia

Tanaman Langka
Tanaman Langka
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Terdapat banyak tanaman langka di dunia yang menghadapi ancaman kepunahan karena berbagai faktor yang terjadi.

Tanaman menjadi langka atau mungkin terancam punah karena berbagai faktor seperti perubahan iklim, hilangnya habitat, perburuan liar, dan kegiatan manusia.

Perlindungan dan konservasi sangat penting untuk memastikan kelangsungan hidup tumbuhan langka ini.

Baca Juga:8 Daftar Hewan yang Dimuliakan di Beberapa DaerahTrik Agar Anak Makan Lahap Semua Jenis Makanan

Organisasi konservasi dan kebijakan lingkungan berperan penting dalam upaya pelestarian biodiversitas tumbuhan di seluruh dunia.

Beberapa tumbuhan langka yang mungkin sudah dikenal atau belum ketahui.

Tanaman Langka di Dunia

Rafflesia arnoldii

Merupakan bunga terbesar di dunia, ditemukan di hutan hujan Sumatera dan Kalimantan. Kehadirannya semakin langka karena perusakan habitat dan kegiatan penebangan hutan.

Nepenthes attenboroughii

Kantong semar ini hanya ditemukan di pegunungan Filipina. Spesies ini terancam punah karena perdagangan liar dan perubahan iklim.

Titan arum (Amorphophallus titanum)

Dikenal sebagai bunga bangkai, merupakan tumbuhan berbunga terbesar di dunia. Tersebar di pulau Sumatera, Indonesia. Karena bunganya yang langka dan besar, tumbuhan ini menjadi target kolektor tanaman hias.

Yakushima Cypress (Cryptomeria japonica)

Pohon ini ditemukan di pulau Yakushima, Jepang, dan terancam oleh penebangan hutan. Beberapa hutan hujan primordial di pulau ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Wollemi Pine (Wollemia nobilis)

Ditemukan di Australia, pohon ini dianggap fosil hidup dan ditemukan kembali pada tahun 1994. Karena keberadaannya yang terbatas, upaya konservasi dilakukan untuk melindunginya.

Baobab Madagascar (Adansonia grandidieri)

Pohon baobab ini endemik di Madagaskar dan terancam oleh penebangan hutan dan kebakaran hutan.

Jade Vine (Strongylodon macrobotrys)

Baca Juga:Tips Diet Sederhana Tanpa Menyiksa TubuhTrik Hadapi Strick Parent yang Berlebihan

Tumbuhan asli Filipina ini memiliki bunga yang unik dan langka. Kehadirannya terancam oleh hilangnya habitat alami dan perburuan liar.

Paphiopedilum harrisianum (Lady’s Slipper Orchid)

Tersebar di Vietnam, tumbuhan ini termasuk dalam genus anggrek dan terancam kepunahan karena hilangnya habitat dan pengumpulan liar.

0 Komentar