Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda

Pemkab Cianjur Raih Penghargaan Swasti Saba Wiwerda
0 Komentar

CIANJUR,cianjurekspres – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur meraih Penghargaan Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) Kategori Swasti Saba Wiwerda pada Malam Penganugerahan Tanda Penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat dan STBM 2023 di Jakarta, Selasa (28/11) malam.

Penghargaan Swasti Saba merupakan penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan kepada kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan program 9 tatanan yang menjadi domain dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

“Cianjur mendapat penghargaan Swasti Saba Wiwerda atas keberhasilan dalan menyelenggarakan kabupaten/kota sehat tahun 2023,” ujar Bupati Cianjur, Herman Suherman yang menerima langsung penghargaan tersebut didampingi Wakil Ketua Forum Kabupaten Cianjur Sehat (FKCS) dr Yusuf Nugraha dalam keterangan tertulis, Rabu (29/11).

Baca Juga:PLN Berhasil Pulihkan Cepat Kelistrikan Sebagian Bogor, Sukabumi dan Cianjur PascagangguanPLN Terus Koordinasi untuk Pemulihan Kelistrikan di Sejumlah Titik Terdampak Gangguan di Cianjur dan Sekitarnya

Herman menegaskan, penghargaan tersebut merupakan wujud komitmen dari pemerintah daerah untuk memastikan bahwa Kabupaten Cianjur adalah kabupaten yang sehat dan layak untuk dihuni.

“Karena kita tahu kebutuhan masyarakat akan hidup sehat tentu sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar atau sebuah keharusan,” katanya.

Dirinya berharap, ke depan Cianjur lebih baik lagi terutama dalam penataan kota. Seperti contoh hal kecil membuang air besar tidak lagi ke selokan atau sungai harus ada WC.

“Ini adalah momen kebangkitan Cianjur, terima kasih untuk semua teman-teman yang sudah bekerja keras untuk memastikan daerah kita sebagai kabupaten yang sehat dan layak dihuni. Penghargaan ini saya persembahkan untuk seluruh masyarakat Cianjur dan teman-teman yang telah bekerja keras,” tutur Herman.

Untuk diketahui ada 9 tatanan yang menjadi penilaian dalam penyelenggaraan KKS di antaranya, Kehidupan masyarakat sehat mandiri, Permukiman dan rumah ibadat, Pasar rakyat, Satuan pendidikan, dan Pariwisata, Transportasi dan tertib lalu lintas, Perkantoran dan perindustrian, Perlindungan sosial, Pencegahan dan penanganan bencana.(hyt)

0 Komentar