Hingga Oktober 2023, 1,6 Juta Wisatawan Kunjungi Cianjur

Hingga Oktober 2023, 1,6 Juta Wisatawan Kunjungi Cianjur
Tampak Objek Wisata Curug Cikondang.(istimewa/Disbudpar Cianjur)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang datang ke berbagai objek wisata di Kabupaten Cianjur, dari Januari sampai Oktober 2023 mencapai 1.666.044 orang. Angka ini diperoleh berdasarkan data dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Disbudpar Kabupaten Cianjur, Elis Rosmakania, mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan dari Januari hingga Oktober 2023 sudah mencapai 80,68 persen dari target 2.065.021 orang tahun ini.

“Kita masih meminta data dari salah satu ODTW (Objek Daya Tarik Wisata) karena cukup lumayan besar, kalau misalnya itu masuk (datanya,red) tertutupi targetnya dan lebih,” katanya kepada Cianjur Ekspres di ruang kerjanya, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga:Pasca Banjir dan Pohon Tumbang di Cianjur, Bupati Kumpulan Dinas Terkait, Ini Instruksinya!Disnakertrans Cianjur Ingatkan Perusahaan Wajib Pekerjakan Penyandang Disabilitas

Menurut Elis, dari jumlah 1,6 juta kunjungan wisatawan tersebut, masih di dominasi wisatawan nusantara atau domestik sebanyak 1.576.154 orang. Sedangkan wisatawan mancanegara sebanyak 89.890 orang.

Adapun jumlah wisatawan yang berkunjung ke ODTW sebanyak 1.177.324 orang. Sementara yang ke akomodasi atau hotel sebanyak 488.720 orang.

Data Disbudpar menunjukkan, Kebun Raya Cibodas masih menjadi yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari 59 ODTW yang terdapat di Kabupaten Cianjur. Kemudian disusul Taman Bunga Nusantara dan The Nice Funtastic Park.

Elis mengatakan, rata-rata wisatawan nusantara atau domestik yang berkunjung ke berbagai ODTW di Cianjur banyak yang tidak menginap. Kecuali dari yang luar kota, biasanya mereka menginap karena sudah menargetkan akan mengunjungi beberapa objek wisata.

“Kita menekankan ke mereka (ODTW,red) untuk bisa memberikan ke kami video (ODTW nya,red) untuk dipromosikan di portal dan media sosial kita,” pungkasnya.(hyt)

0 Komentar