Viral TikTok! Arti Sindrom Nasi Goreng yang Tewaskan Pemuda

Sindrom nasi goreng (Foto: Pixabay)
Sindrom nasi goreng (Foto: Pixabay)
0 Komentar

Tips Mengurangi Risiko ‘Sindrom Nasi Goreng’

  1. Pastikan saat memasak seluruh bahan makanan, peralatan masak dalam kondisi bersih. Selain itu, wajib mencuci tangan dan membersihkan permukaan kulit yang bersentuhan dengan makanan, saat menyiapkan nasi goreng atau makanan lainnya.
  2. Jangan menyimpan nasi pada suhu 5⁰C hingga 60⁰C karena bakteri dapat berkembang biak. Dinginkan nasi yang sudah dimasak dengan segera hingga suhu di bawah 4⁰C (suhu lemari es) jika tidak segera digunakan.
  3. Masak nasi goreng hingga matang sebelum dikonsumsi, pastikan suhu cukup tinggi, setidaknya 75⁰C di seluruh nasi untuk membunuh bakteri.
  4. Untuk mencegah kontaminasi silang, pisahkan bahan mentah dan makanan matang. Pastikan daging mentah dan sarinya, serta telur dan kulit telur tidak bersentuhan dengan makanan matang.
  5. Konsumsilah makanan yang sudah dimasak sesegera mungkin dan hindari menyimpan di suhu ruangan untuk mengurangi waktu bagi bakteri tumbuh.
  6. Ketika memesan makanan, hindari memesan secara berlebihan, karena mengakibatkan sisa makanan akan tertinggal di suhu ruangan.
0 Komentar