Program TMMD Kodim 0608/Cianjur, Gubuk Lansia Disulap Jadi Rumah Layak Huni

TMMD
ilustrasi: Dokumentasi Moch Sidik
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres – Pasangan lansia Winata (75) dan Ii (64) yang selama ini tinggal di rumah tidak layak huni di Desa Bungbangsari, Kecamatan Takokak, Kabupaten Cianjur kini bisa bernafas lega. Sebab, berkat program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118 Kodim 0608/Cianjur, pasangan lansia itu punya rumah yang layak.

Memiliki rumah permanen serta nyaman untuk ditinggali mungkin sebelumnya hanya mimpi bagi Winata (75). Jangankan membangun rumah gubuknya menjadi bangunan permanen, untuk sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, Winata hanya bisa mengandalkan istrinya.

Kini, rumah Winata yang semula berbentuk rumah panggung serta berdinding bilik anyaman bambu, telah dibangun permanen Kodim 0608/Cianjur melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 118.

Baca Juga:Bupati Herman Bakal Kaji Penetapan Tersangka Dugaan Penganiayaan Mahasiswa5 Sekolah Islam di Bogor dengan Kualitas Pendidikan Terbaik

Tangis haru pun pecah saat Winata (75) dan istrinya, Ii (64) menerima penyerahan kunci dari Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Erwin Djatniko, pada Kamis (19/10/2023).

Air mata tak henti-hentinya berurai membasahi pipi pasangan kakek dan nenek ini. Bahkan, warga setempat turut menunjukan ekspresi terharu bercampur bahagia tatkala menyaksikan momen bahagia itu.

“Alhamdulillah sudah dibangunkan rumah sebagus ini,” ucap Ii.

Rumah gubuk yang didiami Winata dan istri sudah berdiri kurang lebih sejak 20 tahun lalu.

Semenjak dibangun rumahnya tidak pernah tersentuh perbaikan, hingga akhirnya menjadi gubuk yang rapuh dan tidak layak huni. Namun, rumah gubuk milik pasutri lansia itu kini telah berubah menjadi rumah permanen yang kokoh.

Ucapan terima kasih kepada TNI dan pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan rumahnya pun tak henti terucap dari mulut pasangan lansia ini.

“Seribu nuhun (terima kasih,red) saya sudah dibangukan rumah dari yang asalnya jelek menjadi bagus seperti ini,” kata Ii.

Selain membangun dua unit rutilahu, program TMMD ke-118 Kodim 0608/Cianjur juga melaksanakan kegiatan fisik lainnya. Di antarnya, betonisasi jalan sepanjang 2.080 meter dengan lebar 3 meter, rehab mushola, rehab madrasah 1 unit, pembuatan MCK 1 unit, dan pembuatan pos ronda sebanyak 2 unit. (dik).

0 Komentar