Jokowi: Pemerintah Sudah Turunkan Anggaran DD untuk 74.800 Desa di Indonesia

jokowi
ilustrasi: Dokumentasi Moch Sidik
0 Komentar

CIANJUR EKSPRES – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah sudah menurunkan anggaran dana desa (DD) sampai tahun 2023 sebesar Rp539 triliun kepada 74.800 desa di seluruh Tanah Air.

Bupati Cianjur Klaim Program Peningkatan Produktivitas 1.000 Hektare Lahan Pertanian Masih Memenuhi Target

Jokowi juga mengungkapkan sejak 2015 sampai 2023, beberapa proyek jalan tol telah selesai rampung. Selain itu, dari anggaran dana desa selama 9 tahun terakhir, sudah berhasil menyelesaikan 326.000 kilometer jalan desa.

Baca Juga:Pelaku E-Commerce Tak Terganggu Permendagri no 50/2023Mendag Sahkan Permendagri No 50/2023, Pedagang Busana Sedikit Lega

“Tidak pernah ada yang menghitung. Panjang sekali, tapi itu tiap desa hanya lima kilometer. Karena kita punya 74.800 desa. Kalau selesai 326 dibagi hanya empat sampai lima kilometer per desa, masih sangat pendek sekali,” ucapnya.

 

Dalam pidatonya, Jokowi juga meminta para dai desa untuk memeriksa kembali dari angka yang dia sampaikan, apakah ada jalan desa, embung, hingga irigasi yang baru.

“Kalau enggak berarti banyak yang korup di situ. Akan saya turunkan BPKB, cek. Karena hampir setiap tahun kurang lebih Rp1 sampai Rp2 miliar dikirimkan ke desa-desa. Kalau tidak jadi barang, kepala desanya diciduk,” jelasnya.

Selain Alun-Alun, Ridwan Kamil Resmikan Revitalisasi Pasar Rakyat Ciranjang di Cianjur

Selian itu, Jokowi melanjutkan, akan dibangun pula lebih banyak pasar desa. Kini menurutnya sudah ada sekitar 14.00 pasar desa yang dibangun. (dik)

0 Komentar