18 Ribu Pelaku UMKM Dapatkan Program Pemberdayaan dari Pemkab Cianjur

18 Ribu Pelaku UMKM Dapatkan Program Pemberdayaan dari Pemkab Cianjur
Kabid UMKM Diskuperdagin Cianjur, Epra Haryono
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUREKSPRES – Sebanyak 18.688 pelaku UMKM sudah mendapatkan program pemberdayaan dari Pemerintah Kabupaten Cianjur melalui Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskuperdagin).

Jumlah 18 ribu pelaku UMKM tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi Diskuperdagin Kabupaten Cianjur pada Mei 2023 lalu.

“Kemarin hasil rekapitulasi akhir pada bulan Mei sekitar 18.698, diperkirakan berdasarkan target yang ada di kami di akhir semester ini kemungkinan bisa mencapai di angka 20.000-an pelaku UMKM yang mendapatkan program pemberdayaan dari Pemkab Cianjur,” ungkap Kepala Bidang Diskuperdagin Kabupaten Cianjur, Epra Haryono kepada Cianjur Ekspres, Rabu (13/9).

Baca Juga:Ikut Jalan Sehat Merah Putih, Dua Warga Cianjur Dapat Hadiah UmrahKetua MPR RI Bambang Soesatyo Dukung Skema Gaji Tunggal ASN

Epra mengatakan, rencana ke depan tidak hanya sampai di program pemberdayaan saja, kemungkinan nantinya akan masuk ke program tahapan selanjutnya yaitu dengan pengembangan pelaku UMKM.

“Nah pengembangan ini termasuk nanti pemberian akses pemasaran, selain secara offline kita pun memberikan fasilitas pemasaran secara online,” katanya.

Secara offline, lanjut dia, baru pekan kemarin bekerjasama dengan salah satu Central UMKM Pangersa yang ada di simpang empat BLK. Central UMKM merupakan salah satu bentuk dari fasilitasi antara Pemkab Cianjur dengan para pengusaha retail yang ada di Cianjur.

“Ini banyak sekali manfaatnya yang akan didapatkan oleh pelaku UMKM. Kemarin ada ratusan produk yang sudah masuk ke Central UMKM tersebut, bahkan bukan hanya di Central Pengersa saja, kami juga sudah bekerjasama dengan beberapa hotel dan restoran,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya saat ini tengah membuka fasilitasi pemasaran melalui online.

“Yang jelas sekarang ada aplikasi yang namanya Simpul manjur. Di sana sudah ada 6.000 pelaku UMKM yang sudah terdaftar di sana, dan produknya bisa dilihat dan bisa langsung transaksi di sana. Jadi transaksinya nanti itu melalui antara penjual dan pembeli langsung melalui WhatsApp. Nanti ada linknya dan ada no teleponnya,” pungkasnya.(dik/hyt)

Caption Foto: MOCH NURSIDIN/CIANJUREKSPRES
Kabid UMKM Diskuperdagin Cianjur, Epra Haryono

0 Komentar